Hikmah Pagi : Amalan Penting Bulan Syawal

membaca alquran

Hajinews.id – Habis Ramadhan terbitlah Syawal. Bulan Syawal memiliki keistimewaan yang sayang untuk dilewatkan. Di bulan ini terdapat keutamaan yang mampu mendatangkan kebaikan bagi siapapun yang mengamalkan amalan-amalan di bulan penuh kebaikan ini.

Berikut amalan penting bulan syawal:

Bacaan Lainnya
banner 400x400

1. Menikah

Menikah adalah penyempurna separuh agama. Bulan Syawal identik dengan bulan pernikahan. Selain itu, menikah di bulan sSyawal adalah wujud meneladani perilaku Rasulullah SAW, sebab seperti yang dikisahkan dalam hadist muslimm dari Aisyah RA istri Rasulullah bahwa Rasul juga melangsungkan pernikahan pada bulan ini.

2. I’tikaf

I’tikaf yang biasa dilakukan pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan ternyata juga bisa dilakukan pada awal bulan Syawal. I’tikaf atau berdiam diri di masjid sembari melakukan dzikir merupakan salah satu sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT., I’tikaf di bulan Syawal dapat dilakukan agar semangat di bulan Ramadhan tetap terjaga dan membara.

3. Menyantap Kurma

Amalan selanjutnya yang sering terlewatkan adalah menyantap kurma dengan jumlah ganjil sebelum salat Idul Fitri serta memakai pakaian terbaik serta memberi ucapan selamat hari raya dengan penuh keikhlasan dan ridho juga perlu dilakukan.

4. Silaturahmi

Bulan Syawal adalah bulan silaturahmi, di bulan ini menjadi bulan penuh rahmat dan ampunan sebab sebagian besar umat muslim saling memperkuat tali silaturahmi dan ukhuwahnya dengan berkunjung ke sanak famili, halal bihalal, pulang kampung atau sekedar say hallo via telepon seluler.

5. Peningkatan dan Pembuktian Takwa

Amalan di bulan Syawal selanjutnya adalah terus meningkatkan kualitas dan kuantitas amal sebagai bukti ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Secara harfian Syawal sendiri berarti peningkatan, artinya di bulan ini umat muslim hendaknya meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadahnya yang telah dilatih selama bulan ramadhan.

6. Melanjutkan Salat Qiyamullail dan Tadarus Qur’an

Meski Ramadhan telah pergi qiyamullail dan tadarus qur’an tidak lantas di tinggalkan begitu saja. Di bulan ini diharapkan dua hal ini tetap dilaksanakan secara istiqomah.

7. Perbanyak Puasa Sunah

“Maukah kutunjukkan padamu pintu-pintu kebaikan? puasa adalah perisai,….” HR Tirmidzi No. 2616. Bulan Syawal menjadi sarana untuk memperbanyak puasa, disini tidak hanya puasa syawal saja, namun juga puasa yang lain, seperti puasa senin kamis atau puasa ayyamul bid. Puasa adalah perisai untuk umat muslim di dunia maupun di akhirat.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *