7 Fakta Masjid Al-Aqsa

7 Fakta Masjid Al-Aqsa
7 Fakta Masjid Al-Aqsa. foto/ilustrasi
banner 400x400
Hajinews.idMASJID Al-Aqsa atau Masjidil Aqsa merupakan salah satu masjid suci milik umat Islam. Al-Aqsa yang berada di Yerusalem Timur, wilayah Kota Tua, Palestina ini menjadi saksi bisu kejahatan yang dilakukan penjajah Israel terhadap Palestina selama puluhan tahun. Mungkin bagi sebagian kaum muslimin, ada yang belum tahu soal fakta masjid Al-Aqsa. Oleh karena itu, hajinews akan mengulas beberapa fakta Masjid Al-Aqsa yang bisa jadi jarang muslim yang mengetahuinya.

Al-Aqsa berada di kompleks Al-Haram Asy-Syarif di area seluas 14 hektare. Di dalamnya terdapat Dome of The Rock, yang diyakini sebagai tempat pijakan Nabi Muhammad ﷺ ketika melakukan perjalanan Isra Mikraj.

Al-Aqsa sering menjadi pemicu konflik berkepanjangan antara Israel dan Palestina. Tak hanya itu, pengusiran warga Palestina atas tanahnya yang sah oleh pendudukan ilegal Israel juga terkadang menjadi pemicu konflik di wilayah tersebut.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Masjid Al-Aqsa jadi masjid terpenting di Yerusalem. Dilansir dari laman Aljazeera, kompleks Masjid Al-Aqsa terletak di Kota Tua Yerusalem yang telah ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia oleh badan kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa, UNESCO.

Di masjid inilah, Israel sering melakukan kekerasan brutal kepada warga Palestina yang sedang beribadah. Mereka masuk tanpa melepas alas kaki dan menembakkan peluru dan granat. Bentrokan pun tak bisa dihindari. Akibatnya, banyak warga Palestina terluka, termasuk anak-anak yang menjadi korban.

Bagi kaum muslimin yang ingin lebih dalam mengetahui tentang fakta masjid Al-Aqsa, berikut beberapa fakta Al-Aqsa yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Sosok yang Membangun Masjid Al-Aqsa

fakta masjid Al-Aqsa
Foto: Unsplash

Mengutip Republika, menurut Hanafi al-Mahlawi dalam bukunya, Al-Amakin al-Masyhuriyah fi Hayati Muhammad ﷺ (Tempat-tempat Bersejarah yang Dikunjungi Rasulullah ﷺ), jauh sebelum Nabi Sulaiman AS membangun Haikal tersebut, Nabi Ya’kub AS telah membangun sebuah masjid di Palestina, yaitu Masjid al-Aqsa.

Masjid Al-Aqsa pertama kali dibangun oleh Nabi Ya’kub AS dan direnovasi oleh Nabi Daud AS. Lantas, bangunan mulia itu disempurnakan oleh Nabi Sulaiman AS.

2. Masjid yang Disebutkan dalam Alquran selain Kabah

fakta masjid Al-Aqsa
Foto: Unsplash

Muslim Hands menulis, Masjid Al-Aqsa menjadi satu-satunya masjid selain Kabah, yang disebutkan dalam Alquran.

“Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.” (Alquran Surat Al-Isra Ayat ke-1)

3. Terdiri dari Beberapa Masjid

7 Fakta Masjid Al-Aqsa 1
Foto: Unsplash

Umat muslim di dunia menganggap Masjidil Aqsa sebagai bangunan tunggal. Namun pada faktanya, situs tersebut sebenarnya terdiri dari beberapa masjid, seperti Masjid Buraq dan Masjid Marwani. Untuk menghindari kebingungan, kompleks yang lebih luas di mana Al-Aqsa berada biasanya disebut sebagai Al-Haram Ash-Sharif (Tempat Suci Yang Mulia).

4. Kiblat Pertama Umat Islam

7 Fakta Masjid Al-Aqsa 2
Foto: Middle East Monitor

Fakta Masjid Al-Aqsa lainnya adalah bahwa tempat ini merupakan kiblat pertama umat muslim. Sebelum berkiblat ke Kabah saat shalat, umat Islam shalat dengan menghadap ke arah Tempat Suci di Yerusalem, tempat Al-Aqsa sekarang berdiri. Rasulullah ﷺ kemudian diperintahkan untuk mengambil Kabah sebagai kiblat melalui peristiwa Isra Miraj.

5. Kisah Masjid Kubah Emas (Dome of Rock)

7 Fakta Masjid Al-Aqsa 3
Foto: Unsplash

Selain Masjid Al-Aqsa, di wilayah itu adalah Dome of Rock. Dome of Rock ini berbentuk persegi delapan, berkubah emas, dan masih berada di dalam kompleks Masjid Al Aqsa. Bangunan itu bahkan sering disebut sebagai Masjid Al-Aqsa.

Kubah Batu dibangun oleh Khalifah Umayyah Abdul Malik bin Marwan. Awalnya, kubah itu terbuat dari kayu dengan penutup kuningan, timah atau keramik.

Kubah ikonis lalu dibangun hampir seribu tahun kemudian pada masa pemerintahan Khalifah Ottoman, Sulaiman Yang Agung. Lapisan emas yang khas ditambahkan ke kubah bersama dengan ubin Ottoman ke fasad bangunan.

6. Tempat yang Diberkahi

7 Fakta Masjid Al-Aqsa 4
Foto: Unsplash

Fakta Masjid Al-Aqsa selanjutnya adalah Al-Aqsa merupakan tempat yang diberkahi oleh Allah SWT karena merupakan tempat diutusnya Nabi.

Allah berikan kesuburan tanahnya, sehingga menghasilkan aneka tanaman dan buah-buahan, serta barang tambang yang terkandung di dalamnya. Diberkahi pula mata pencahariannya, makanan pokok, dan hasil pertaniannya. Termasuk banyak tanaman, sungai dan kesuburan yang tiada putus.

7. Keindahan Arsitektur Masjid

7 Fakta Masjid Al-Aqsa 5
Foto: Unsplash

Salah satu pesona Masjid Al-Aqsa adalah arsitekturnya yang memadukan unsur tradisional dengan sedikit sentuhan modern. Masjid ini memiliki 7 buah lorong yang ditunjang oleh tiang-tiang melengkung bergaya hypostyle nave, serta dilengkapi beberapa ruang kecil tambahan di sisi sebelah barat dan timur.

Terdapat 121 jendela kaca patri dari era Abbasiyah dan Fatimiyah yang berdiri kokoh hingga saat ini. Sebagian besar ruangan Majid Al-Aqsa didominasi marmer berwarna putih dengan balutan karpet merah yang terlihat anggun.

Kubah masjid dulunya terbuat dari batu yang dibangun langsung oleh Abdul Malik bin Marwan. Namun sekarang sudah diganti oleh Azh-Zahir dengan desain terbaru yaitu kayu yang disepuh dengan lapisan enamel timah. Interior kubah dicat mengikuti dekorasi khas era abad ke-14.

Itulah fakta Masjid Al-Aqsa. Semoga dengan mengetahui beberapa fakta Masjid Al-Aqsa di atas bisa menambah kecintaan kita terhadap Al-Aqsa, dan saudara kita di bumi Palestina.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar