Info Haji Terbaru! KJRI Jeddah: Belum ada Kejelasan Warga Asing Boleh Ikut Ibadah Haji

banner 400x400

 

Hajinews.id – Arab Saudi berencana kembali menyelenggarakan ibadah haji di tahun kedua pandemi Covid-19. Namun hingga kini belum ada informasi lebih lanjut mengenai partisipasi jemaah asing dalam musim haji tahun ini.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Konsul Jenderal RI di Jeddah, Eko Hartono, menuturkan bahwa belum ada informasi mengenai kuota haji dari Indonesia.

“Belum ada informasi tentang kuota haji, yang ada baru rencana Saudi untuk menyelenggarakan haji. Semoga juga diundang jemaah asing,” kata Eko dilansir Medcom.id, Selasa, 18 Mei 2021.

Ia mengatakan, Arab Saudi belum terlalu memberikan detail seputar peraturan ibadah haji 2021. Namun, pada awal Mei ini, Arab Saudi dikabarkan tengah mempertimbangkan langkah-langkah untuk meminimalisasi penyebaran Covid-19, salah satunya dengan melarang jemaah haji dari luar negeri.

Salah satu pertimbangan lainnya adalah, ibadah haji kemungkinan akan dibatasi untuk warga yang sudah divaksinasi. Haji juga diperbolehkan bagi mereka yang telah pulih dari virus, setidaknya enam bulan sebelum ibadah dilakukan.

Rencana awal untuk mengizinkan beberapa jemaah yang divaksinasi dari luar negeri untuk sementara ditangguhkan karena kebingungan tentang jenis vaksin, kemanjurannya, serta kemunculan varian baru Covid-19.

Menurut Eko, Pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan akan adanya protokol kesehatan ketat dalam ibadah haji tahun ini, termasuk karantina tiga hari dan tes PCR negatif sejak ketibaan.

“Belum ada kejelasan apakah (syarat protkes) ini hanya untuk domestik atau jemaah asing. Tapi itu syarat-syarat umum saja,” pungkasnya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *