Hikmah Pagi : 8 Jenis Rezeki dari Allah SWT dalam Al-Quran

Ilustrasi
banner 400x400

Hajinews.id – Rezeki adalah sesuatu yang telah ditetapkan oleh Allah SWT, dan setiap orang sudah memiliki rezekinya masing-masing.

Bentuk rezeki juga bermacam-macam, ada yang dalam bentuk harta, ada juga yang diluaskan dengan kesehatan, ketenangan, keamanan, dan kemudahan menerima ilmu. Dilansir  dari kanal YouTube HAZIQ CHANNEL pada 19 Mei 2021, berikut 8 jenis rezeki dari Allah SWT dalam Al-Quran.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

1. Rezeki yang telah dijamin

“Tidak ada satu makhluk melata pun yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin Allah rejekinya.” (QS. Hud: 6)

2. Rezeki karena usaha

“Tidaklah manusia mendapatkan apa-apa kecuali apa yang dikerjakannya.” (QS. An-Najm: 39)

3. Rezeki karena bersyukur
“Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu.” (QS. Ibrahim: 7)

4. Rezeki tak terduga

“Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya.” (QS. At-Thalaq: 2-3)

5. Rezeki karena beristighfar

“Beristighfarlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, pasti Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan memperbanyak harta.” (QS. Nuh: 10-11)

6. Rezeki karena menikah

“Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang diantara kamu, dan juga orang-orang yang layak dari hamba sahayamu baik laki-laki dan perempuan. Jika dia miskin, maka Allah akan memberikan kecukupan kepada mereka dengan kurnia-Nya.” (QS. An-Nur: 32)

7. Rezeki karena anak

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang akan menanggung rezeki mereka dan juga (rezeki) bagimu.” (QS. Al-Israa’: 31)

8. Rezeki karena sedekah

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (infaq dan sedekah), maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipatan yang banyak.” (QS. Al-Baqarah: 245)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *