Pembelaan Tjahjo Kumolo Soal 97 Ribu PNS Fiktif yang Digaji

Tjahjo kumolo sebar barang curian
Menteri Tjahjo Kumolo (dok)
banner 400x400

 

Jakarta, Hajinews.id – Badan Kepegawaian Negara (BKN) membuat geger dengan mengumumkan jika ada sekitar 97 ribu data pegawai sipil negeri atau PNS yang fiktif sejak tahun 2002 hingga tahun 2014.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Menanggapi kabar tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa, isu terkait data 97 ribu pegawai PNS fiktif yang masih terima gaji, sudah diselesaikan dan itu berita lama.

“Sudah selesai semua pendataan di tahun 2016,” tegas Tjahjo Kumolo melalui keterangannya, seperti dikutip hajinews.id dari PMJ News pada Selasa, 25 Mei 2021.

Lebih lanjut, Tjahjo Kumolo menjelaskan bahwa ini adalah berita lama yang kembali muncul.

“Itu berita lama tahun 2015 yang muncul kembali ketika diadakan pendataan ulang PNS (PUPNS),” pungkas Tjahjo Kumolo

Sebelumnya, Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Paryono menjelaskan terkait temuan 97 ribu data pegawai negeri sipil/PNS fiktif karena orangnya tidak diketahui meskipun terus mendapatkan gaji dan tunjangan.

Paryono mengatakan, mereka yang disebut fiktif itu bisa muncul karena banyak PNS belum melakukan pendataan ulang pada 2014. Ada yang karena kesulitan akses informasi, tugas belajar, sakit, dan alasan lainnya

“Kita sudah buatkan surat ke seluruh instansi beserta datanya untuk segera diperiksa data-data yang tidak ikut PUPNS tersebut,” jelas Paryono.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *