Inspiratif! Hafalan Quran Bawa Mahasiswi UMM Raih Beasiswa ke Turki

banner 400x400

Jakarta, Hajinews.id – Hafalan Quran Bawa Mahasiswi UMM Ini Raih Beasiswa ke Turki. Nisrina Nur Husna memperoleh beasiswa dari lembaga Aziz Mahmud Hüdayi Vakfi berkat hafalan al-Quran. Pada 27 April 2021 dia terbang ke Istambul, Turki.

Mahasiswa Prodi Kesejahteraan Sosial Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini menuturkan, dirinya telah mulai menghafal al-Quran sejak kecil. Kebiasaan itu terus berlanjut sampai dirinya masuk SMP di pesantren hingga kuliah.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Waktu SD saya mulai menghafal juz 30 dan 29. Kemudian saya menekuninya kembali saat memasuki pesantren dan menghafal dari surah al-Baqarah. Hafalan tersebut berlanjut sampai sekarang ketika berkuliah di UMM,” kata Nisrina.

Nisrina mengungkapkan program belajarnya di Turki akan berjalan selama satu tahun. Para mahasiswa akan membenarkan bacaan Al-Quran dan belajar bahasa Turki terlebih dahulu. Setelah itu para mahasiswa baru didorong untuk menghafal al-Quran.

“Pembelajaran di Turki menggunakan teknik pomodoro yakni belajar dari jam 10.00 sampai 14.00 lalu akan ada istirahat 15 menit setiap 30 menit sekali,” terangnya, seperti keterangan tertulis Humas UMM dilansir PWMU.CO, Senin (7/6/21).

Untuk proses menghafal al-Quran, sambung dia, terdapat seleksi terlebih dahulu. Seleksi tersebut berupa ujian dengan para guru yakni hafalan surat pilihan, kemudian disetorkan. Dari ujian tersebut akan dilihat berapa lama mahasiswa mampu menghafal 10 surat tersebut.

Anak bungsu dari empat bersaudara ini mengaku adaptasi di Turki sangat susah. Ia harus beradaptasi di berbagai aspek seperti budaya, kebiasaan, iklim, makanan, dan bahasa. Meskipun sulit untuk beradaptasi, namun Nisrina senang dengan keputusaannya untuk mengambil beasiswa hafidh tersebut. Nisrina sangat terkejut dan kagum dengan semangat mahasiswa internasional lain dalam menghafal al-Quran dan belajar Islam.

“Hal itulah yang memacu saya untuk terus belajar di Turki. Saya harap dengan belajar di sini, saya bisa memberikan manfaat bagi orang-orang sekitar ketika nanti kembali ke Indonesia,” tandasnya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *