Hikmah Siang : Ummul Mukminin Maimunah Radiallahu ‘anha, Rumah Tangga Berbasis Surga

banner 400x400

 

Hajinews.id – Maimunah binti Harits radiallahu’anha adalah perempuan yang paling bertakwa dan gemar menyambung tali silaturahmi, sehingga Aisyah radiallahu’anha pun menuturkan kata-kata monumental setelah wafatnya Maimunah radiallahu’anha. “Demi Allah, Maimunah telah pergi. Ketahuilah! Ia termasuk salah satu yang paling bertakwa kepada Allah subhanahu wa ta’ala dan yang paling menyambung tali kekeluargaan di antara kami.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Cahaya iman telah memenuhi hati dan seluruh raga Maimunah radiallahu‘anha, beliau tidak mendambakan rumah megah, kekayaan dunia maupun seisinya, karena beliau tahu bahwasanya kehidupan di dunia ini bersifat fana, tidak kekal abadi dan tempat kembalinya orang mukmin itu lebih baik dari segala yang ada di alam semesta dan seisinya yaitu Surga. Karena itulah beliau termasuk orang yang lebih dulu masuk islam dengan beriman kepada Allah subhanahu wa ta’ala dan beliau juga termasuk perempuan beriman yang diakui Rasulullah ﷺkeimanannya. Rasulullah ﷺbersabda, “Empat perempuan bersaudara; Maimunah, Ummul Fadhl, Salma, dan Asma binti Umais -saudara seibu mereka- adalah perempuan-perempuan mukminah.”

Rumah tangga Maimunah radiallahu‘anha dibangun atas dasar keimanan dan ketakwaan, beliau hidup dalam rumah tangga nubuwwah dan mempelajari banyak sekali kebaikan dari Rasulullah ﷺ, mulai dari perilaku, tingkah laku, akhlak dan ilmu beliau, sehingga makin bertambahlah keimanannya.

Imam Adz-Dzahabi mengatakan tentangnya, “Ia termasuk pemimpin kaum perempuan dan meriwayatkan sejumlah hadits.” Hadistnya diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, Abdullah bin Syaddad bin Had, Ubaid bin Sabbaq, Abdurrahman bin Sa’ib Al-Hilali, Yazid bin Asham, Kuraib maula Ibnu Abbas, Sulaiman bin Yasar, Atha’ bin Yasar, dan lainnya.

Sebagai umat Muslim kita patut untuk mencontoh suri tauladan yang baik, meniru akhlak para nabi dan rasul serta sahabat dan shahabiyahnya. Seorang muslim pun harus menjaga tali kekeluargaan antara saudaranya sesama muslim sebagaimana yang telah dilakukan Maimunah radiallahu‘anha.

Memahami yang telah dijelaskan di atas bahwa Maimunah radiallahu‘anha merupakan seorang shahabiyah yang tidak mendambakan kehidupan yang megah di dunia, karena beliau paham bahwa yang di dunia ini fana.

Ditambah beliau merupakan salah satu dari istri Rasulullah shalallahu ‘alahi wa sallam, tentu seorang Rasul tidak akan sembarangan dalam meminang istri. Terlebih juga Rasulullah ﷺ merupakan manusia yang mulia, bahkan Allah subhanahu wa ta’ala saja memerintahkan kepada seluruh umat manusia untuk mengikuti segala sesuatu yang baik dalam hidupnya, sebagaimana yang telah tertera dalam Al-Quran dan Hadits.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *