Hikmah Malam : 5 Rahasia Sholat Tahajud

Hajinews.id – Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam hari. Waktu yang paling utama adalah sepertiga malam terakhir. Artinya, selepas tengah malam hingga masuk waktu subuh. Jumlah rakaat pada shalat tahajudi tidak terbatas, paling sedikit dua rakaat.

Perintah sholat tahajud terdapat dalam Al Qur’an surat Al Isra ayat 79 yang berbunyi:
“Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Lalu apa manfaat melakukan sholat ini?

Kita bisa mengetahuinya lewat lima rahasia sholat tahajud, dikutip dari buku Menjadi Bijak dan Bijaksana yang ditulis Ibnu Basyar tahun 2016:

1. Penghapus dosa dan mencegah berbuat dosa
Ibadah sholat tahajud tak hanya mampu mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Namun, sholat malam ini bisa juga mampu menjadi media penghapus dosa. Juga mencegah seseorang melakukan dosa.
Rasulullah bersabda ,

“Hendaklah kalian melaksanakan qiyamul lail (shalat malam) karena shalat malam adalah kebiasaan orang sholih sebelum kalian dan membuat kalian lebih dekat pada Allah. Shalat malam dapat menghapuskan kesalahan dan dosa.”

2. Tanda takwa terlihat pada wajah
Mereka yang selalu melaksanakan salat tahajud wajahnya akan terlihat bersinar. Hal tersebut merupakan tanda ketakwaan seseorang kepada Allah SWT. Tanda-tanda tersebut akan terlihat pada orang-orang didekatnya dan menjadi penyemangat bagi mereka untuk rajin melakukan sholat tahajud.

3. Melancarkan aliran dalam darah
Ibadah sholat tahajud ini biasanya dikerjakan pada pukul 03.00 pagi. Tak hanya bisa berkeluh-kesah pada Allah, tetapi juga memberikan udara segar bagi organ-organ tubuh.
Karena di jam-jam seperti ini udara masih bersih dan belum tercemar. Sementara gerakan sholat yang kita lakukan juga akan menggerakkan seluruh otot tubuh, dengan demikian badan jadi segar dan aliran darah pun lancar.

4. Membesarkan rongga paru-paru
Saat melakukan takbiratul ihram yang diikuti dengan gerakan bersedekap sebenarnya membuka rongga paru-paru lebih lebar. Dampaknya, aliran udara menuju paru-paru lebih lancar.

5. Jaminan masuk surga
Terkait hal ini Nabi Muhammad SAW bersabda,
“Wahai manusia, sebarkanlah salam, berikanlah makan, sambung tali kasih, sholat malamlah saat orang lain terlelap maka masuklah surga dengan selamat.” (HR al-Hakim, Ibnu Majah, dan at- Tirmidzi).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *