Yuk Lebih Mengenal Varian Terbaru Covid-19: Kappa, Eta, dan Lota

Alissa Eckert dan Dan Higgins, ilustrator dari Centers for Disease Control and Prevention, diminta untuk membuat ilustrasi virus corona yang mampu menarik perhatian publik.(the new york times)

Hajinews — Sebelumnya kita telah mendengar varian Delta dari covid-19, pada 1 Juli lalu WHO merilis beberapa Variant of Interest (VOI) dari SARS-CoV-2 virus penyebab covid-19 yang baru. Selain Alfa, Beta, Gamma dan Delta, rupanya ada tiga sekuens varian baru yang ditemukan di Indonesia dan harus diwaspadai yakni Kappa, Eta, dan Lota.

Data Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan RI dalam laman Kata Data menyebutkan , Kappa (B.1617.1) ditemukan sebanyak 2 sekuens, Eta (B.1.525) sebanyak 5 sekuens, dan Lota (B.1.526) sebanyak 2 sekuens.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Dikutip dari MediaIndonesia, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, varian Kappa terdeteksi di India sejak Oktober 2020. Sedangkan varian Eta tercatat WHO sudah ada di beberapa negara sejak Desember 2020. Dan untuk varian Lota catatan awal berada di Amerika sejak November 2020.

WHO mencatat bahwa ketiga varian termasuk ke dalam (VOI) artinya kategori pertama yang mengindikasikan varian memiliki mutasi yang memengaruhi sifat penularan, kepekaan alat tes, keparahan gejala, hingga kemampuan virus menghindari sistem imunitas. Ini berbeda dengan kategori Variant of Concern (VOC) yang merupakan varian yang perlu diwaspadai.

Dengan munculnya varian covid-19, masyarakat diimbau untuk tetap patuh disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.(dbs)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *