Penting, 11 Cara Agar Lansia Tak Terpapar Covid-19

banner 400x400

Jakarta, Hajinews.id – Orang lanjut usia (lansia) lebih mungkin untuk sakit parah ketika terinfeksi Covid-19. Dijelaskan laman cdc.gov risiko meningkat untuk orang berusia 50-an dan meningkat pada 60-an, 70-an, dan 80-an.

Orang yang berusia 85 tahun ke atas adalah yang paling mungkin untuk sakit parah.Apalagi lansia juga memiliki faktor lain yang dapat membuatnya mungkin sakit parah dengan Covid-19, seperti memiliki kondisi medis tertentu yang mendasarinya.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Untuk itu penting bagi mereka mencegah penularan Covid-19 ini terjadi.Diketahui, Kementerian Kesehatan RI sendiri telah mensosialisasikan beberapa tips atau cara supaya lansia agar tak terpapar Covid-19.

Berikut diantaranya yang bisa mereka lakukan seperti dilansir dari laman padk.kemkes.go.id:

1. Untuk sementara tidak melakukan perjalanan keluar rumah, tetaplah berada dirumah/ panti wreda dengan melakukan kegiatan rutin.
2. Jauhi keramaian, perkumpulan, kegiatan sosial seperti arisan, reuni, rekreasi, pergi berbelanja, dll
3. Tidak menerima kunjungan cucu. Ini cukup berat tapi masuk diakal karena cucu bisa sebagai carrier tanpa tanda apapun, mereka sangat imun.
11 cara supaya lansia tak terpapar Covid-19.
4. Jaga jarak (1 meter atau lebih) dengan orang lain. Hidari bersentuhan, bersalaman, atau bercium pipi.
5. Tunda pemeriksaan rutin ke Dokter. Ini juga berat, kecuali sangat mendesak, hubungi dulu melalui telepon. Keluarga/ pengasuh memastikan lansia minum obat secara teratur dan pastikan persediaan obat yang cukup bagi lansia yang memiliki penyakit kronis
6. Ajak atau anjurkan lansia melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti dapat membantu menghubungkan dengan rekannya melalui sambungan Skype, Video call, zoom, membaca atau merawat tanaman disekitar rumah.
Seberapa Penting Vaksinasi Covid-19 untuk Anak? Kulik Yuk, Moms!
Cara Mendidik Anak supaya Menjadi Pemberani, Intip Yuk Moms!
Merasakan Gejala Covid 19, Iko Uwais Dalam Pengawasan Ketat Dokter, sang Aktor Beri Peringatan
8. Ajarkan kebersihan diri, juga kepada pengasuh untuk sering mencuci tangan dengan sabun. Jaga kebersihan barang yang digunakan.
9. Larang kunjungan ke rumah jompo. Rumah jompo tempat kumpulan orang sangat rentan virus. Hanya orang-orang sehat dan tidak ada riwayat terpapar dengan lingkungan yang berisiko penularan yang dapat menemui/ mendampingi lansia.
10. Jangan berkompromi dengan rutinitas harian mereka seperti ibadah tepat waktu, tidur tepat waktu, olahraga, makan, sosial (komunikasi dengan Hp) juga tepat waktu. Jangan ubah, supaya nyaman.
11. Cukup tidur, malam 6-8 jam dan siang 2 jam. Boleh meningkatkan imunitas dengan makan makanan dengan gizi seimbang (cukup karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *