Hikmah Malam : Dahsyatnya Mendoakan Orang Lain

Hajinews.id – Berdoa adalah salah satu bentuk komunikasi dengan Allah SWT bagi seorang umat muslim. Berdoa menjadi cara untuk kita memohon atau meminta hal-hal baik kepada-Nya. Bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga menyelipkan doa terbaik untuk orang lain. Maka dari itu, berdoa dapat mendatangkan banyak manfaat untuk diri kita.

Tidak akan merugi seseorang yang mendoakan orang lain. Terlebih, jika dilakukan secara diam-diam. Bahkan, dalam suatu hadis dijelaskan bahwa seorang yang mendoakan orang lain secara diam-diam, maka malaikat akan mendoakan dirinya seperti apa yang diminta terhadap orang itu.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.” (HR. Muslim no. 4912)

Doa termasuk salah satu jenis kebaikan, termasuk ketika kita mendoakan orang lain. Mendoakan orang lain yang terbaik tanpa sepengetahuan orang tersebut itu mustajab. Sebab, dengan mendoakan secara diam-diam, terselip keikhlasan dalam doa tersebut.

Justru, salah satu terkabulnya doa kita adalah ketika kita mendoakan yang terbaik kepada sesama saudara atau orang lain yang kita doakan. Sebab, saat itu, malaikat mengamini dengan berkata, “Aamiin dan untukmu juga seperti” sebagaimana sudah dijelaskan sebelumnya.

“Doa seorang Muslim untuk saudaranya dengan tanpa sepengetahuan saudaranya itu mustajab. Di atas kepala orang itu ada malaikat yang mencatatnya (malakun muwakkal). Setiap kali orang itu mendoakan kebaikan bagi saudaranya, maka malaikat tersebut mengucapkan amin (semoga Allah mengabulkan) dan untukmu juga seperti itu.” (HR Muslim)

Dengan mendoakan orang lain pula, menjadi penyebab terbesar tersebarnya kasih sayang dan kecintaan antar sesama kaum muslim. Serta menjadi kesempurnaan iman mereka.

“Tidak beriman salah seorang di antara kalian sampai dia mencintai untuk saudaranya apa yang dia cintai untuk dirinya sendiri.” (HR Al-Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik)

Sungguh luar biasakan Islam itu? Ketika kita mendoakan orang lain, kita pun turut mendapatkan hal yang sama dengan doa untuk orang lain tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *