Hikmah Malam : 7 Nasehat Kematian dari Syekh Ali Jaber

banner 400x400

 

 

Bacaan Lainnya
banner 400x400

 

Hajinews.id – Syekh Ali Jaber menuturkan 7 nasehat kematian agar manusia selalu ingat bahwa dunia tidak kekal, kehidupan yang abadi hanya ada di akhirat. Dan Allah juga telah menegaskan bahwa semua yang bernyawa pasti akan menghadapi kematian.

Syekh Ali Jaber bahkan mengatakan malaikat-malaikat Allah juga akan merasakan kematian, yang maha hidup hanya Allah SWT. Oleh sebab itu kata Syekh Ali Jaber ketika seseorang selalu mengingat kematiannya maka Allah akan membuka jalan untuk kembali kepada-Nya.

Selama Allah masih memberi nikmat sehat dan nafas untuk hidup maka belum terlambat untuk bertaubat.

Belum terlambat untuk memperbaiki diri dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, karena Allah selalu membukakan rahmatnya seluas mungkin untuk hambanya yang sungguh-sungguh bertaubat.

Inilah 7 nasehat kematian dari Syekh Ali Jaber untuk menjadi pengingat bahwa dunia ini tidaklah kekal, seperti dilansir dari kanal YouTube ‘Syekh Ali Jaber’ yang diunggah pada 18 Januari 2021.

1. Dunia tidak ada artinya karena ia tidak kekal dan akan diakhiri dengan kematian

“Dunia ini menurut saya, dengan adanya kematian menghilangkan semua impian-impian duniawi kita. Pejabat hilang nikmatnya jabatannya dengan kematian, kekayaan nggak ada artinya kekayaan dengan menghadapi kematian, semua hilang, bahagia, nikmat yang kita rasa, sudah hilang nggak ada artinya.”

2. Kehidupan kekal yang sesungguhnya ada di akhirat

“Arti hidup yang sesungguhnya ya tidak ada kematian sama sekali itulah hidup nanti di surga, di akhirat. Itu kalau sudah dibangkit oleh Allah tidak boleh mati lagi, selama-lamanya.”

3. Kesempatan hidup di dunia gunakan dengan sebaik-baiknya

“Hidup kita yang sebentar di dunia ini, manfaatkan, nikmatilah untuk menuju kehidupan yang lebih lama, yang lebih panjang, dan insya Allah bahagia selamat dunia dan akhirat.”

4. Selalu ingat dengan kematian dapat menyelamatkan diri dari keburukan dunia

“Ingat mati adalah selalu membuat kita istiqomah beramal sholih, menjauhkan kita dari fitnah dunia, menjauhkan kita dari berlebih-lebihan mengurusi dunia. Boleh kita urus dunia tapi juga jangan lupa mengutamakan akhirat.”

5. Kuburan adalah rumah yang selalu menanti untuk dihuni

“Akhirat adalah hidup kita selama-lamanya, tapi sebelum kita menuju akhirat pasti kita akan masuk ke rumah kita yang baru, adalah kuburan. Kita akan sendiri di tempat yang sempit dan gelap.”

6. Kematian itu sangat dekat

“Kematian itu jauh lebih dekat daripada titik nafas kita setiap hari.”

7. Jangan hanya mengucapkan kalimat ‘Laailaha illallah’ saja tapi jadilah hamba yang patuh dan taat. Jadikan hidup di dunia ini adalah surga di dunia dengan kalimat ‘Laailaha illallah’.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *