Hikmah Pagi : Amalan-amalan Saat Negeri Ditimpa Musibah

musibah dunia
banner 400x400

 

 

Bacaan Lainnya
banner 400x400

 

Hajinews.id – Musibah atau bencana adalah rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan masyarakat baik yang disebabkan oleh faktor alam atau non alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis.

Peristiwa yang disebabkan faktor alam seperti banjir, longsor, gempa bumi, tsunami, dan lain sebagainya. Sedangkan yang non alam seperti apa yang sedang dialami oleh masyarakat dunai sekarang, yaitu pandemi Covid-19.

Ketika menghadapi musibah baik yang disebabkan oleh faktor alam atau bukan, amalkanlah amalan-amalan di bawah ini agar Anda selamat:

1. Berdoa

Berikut doa yang pantas dibaca;

إنّاَ للهِ وإنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أجِرْنِي فِي مُصِيبَتي وأَخْلِفْ لِي خَيْراً مِنْها

Innâ lillâhi wa innâ ilaihi râji’un. Allâhumma ajirnî fî mushîbatî wa akhlif lî khairan minhâ.

Artinya: “Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sungguh hanya kepada-Nya kami akan kembali. Ya Allah, karuniakanlah padaku pahala dalam musibah yang menimpaku dan berilah aku ganti yang lebih baik daripadanya.”

2. Bertaubat

وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَنْ كَثِيرٍ

Artinya: “Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)” (Asy Syura: 30).

Al-Hasan Al-Bashri juga berkata,

أَكْثِرُوا مِنَ الِاسْتِغْفَارِ فِي بُيُوتِكُمْ، وَعَلَى مَوَائِدِكُمْ، وَفِي طُرُقِكُمْ، وَفِي أَسْوَاقِكُمْ، وَفِي مَجَالِسِكُمْ أَيْنَمَا كُنْتُمْ، فَإِنَّكُمْ مَا تَدْرُونَ مَتَى تَنْزِلُ الْمَغْفِرَةُ

Artinya: “Perbanyaklah istighfar di rumah-rumah, meja-meja makan, jalan-jalan, pasar-pasar dan majelis-majelis kalian di manapun kalian berada, karena kalian tidak tahu kapan turunnya pengampunan Allah Subhanahu wa Ta’ala.”

3. Bersedekah

Amalan yang juga penting dilakukan manakala terjadi musibah adalah bersedekah. Rasulullah bersabda:

وقال صلى الله عليه وسلم: {الصَّدَقَةُ تَرُدُّ البَلاَء وَتُطَوِّلُ العُمْرَ}.

Artinya: “Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sedekah itu menolak bala dan memanjangkan umur”.

Semoga dengan mengamalkan amalan-amalan di atas Anda semua selamat dari segala macam bentuk musibah. Semoga juga wabah yang sedang kita hadapi segera berakhir. Sehingga kita semua bisa beribadah seperti biasanya. Amin.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *