Waspada! 5 Bahaya Keseringan Tidur, Diabetes sampai Kematian

banner 400x400

 

Jakarta, Hajinews.id – Tidur adalah salah satu hal penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental tetap stabil. Beberapa orang bahkan menyatakan bahwa tidur nyenyak menandakan tubuh cukup istirahat.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Namun, terlalu lama tidur juga mampu mendatangkan berbagai macam masalah kesehatan. Melansir dari WebMD, orang yang banyak tidur akan menyebabkan rasa kantuk menjadi lebih ekstrem.

Selain itu, terdapat efek bahaya tidur terlalu lama lainnya yang akan hajinews bahas kali ini. Untuk mengetahui apa saja bahayanya, simak yuk!

1. Diabetes

Sebuah studi Kanada dalam National Institutes of Health pada 2013, menemukan bahwa orang dengan durasi tidur yang lama dan pendek memiliki risiko perkembangan glukosa dan diabaetes.

Oleh karena itu, pastikan mulai sekarang atur jadwal tidur yang cocok agar terhindar dari ketidakseimbangan. juga bisa selingi dengan olahraga dan mengonsumsi makanan sehat.

2. Tingkat konsentrasi jadi terganggu

Menurut laporan yang terdapat dalam Journal of American Geriatrics Society, tidur yang berlebih dapat memengaruhi otak menua lebih cepat sehingga sulit melakukan tugas seperti biasanya.

Hal tersebut bisa saja ada kaitannya dengan seringnya orang bangun di malam hari. Bila ini terjadi, maka orang tersebut tidak akan mendapatkan restoratif tidur yang berguna untuk memulihkan otak.

3. Timbul sakit kepala hingga nyeri

Ketika sedang sakit kepala kemudian hanya terus berbaring seharian, maka tak heran bila rasa sakit tersebut semakin menjadi.

Selain itu, menghabiskan terlalu banyak waktu hanya untuk tidur dapat menyebabkan rasa pegal, terutama bagi orang dengan punggung nyeri.

Apabila mengalami rasa sakit dalam jangka waktu cukup lama, segera pergi ke dokter agar dapat penanganan lebih serius.

4. Risiko punya penyakit jantung koroner

Studi Kesehatan Perawat melibatkan hampir 72.000 perempuan. Dalam hasil data penelitian tersebut, perempuan yang tidur lebih dari jam sembilan memiliki potensi 38 persen lebih tinggi mengidap jantung koroner.

Meskipun begitu, masih belum ada identifikasi lebih lanjut mengenai hubungan tidur terlalu lama dengan penyakit jantung.

5. Berpotensi menyebabkan kematian

Dalam data dari Studi Kesehatan Perawat Kedua, peneliti sedang berusaha melihat apakah ada hubungan kuat antara tidur lama dan peningkatan risiko kematian.

Berdasarkan analisis studi. faktor yang paling berpengaruh telah teridentifikasi dengan hasil depresi dan status sosial ekonomi rendah.

Data dari urses Study juga tidur lama berkaitan dengan beberapa kondisi lain seperti obesitas hingga penggunaan obat antidepresan.

Karena itu, risiko kematian akibat tidur terlalu lama dapat timbul. Jika merasa sudah tak sanggup untuk selesaikan masalah, cobalah untuk meminta bantuan dari ahlinya.

Nah, itulah bahaya tidur terlalu lama yang berdampak bagi kesehatan. Mulai sekarang terapkan pola gaya hidup sehat yuk!

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *