Hikmah Pagi : 8 Keistimewaan Ibadah di Waktu Subuh

perbaiki shalat
banner 400x400

 

 

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Hajinews.id – Waktu subuh memiliki banyak rahasia. Banyak sekali keutamaan dan keistimewaan yang bisa didapat dari melaksanakan ibadah di waktu subuh.

Dari Shakhr Al Ghamidi, dari Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda, “Ya Allah berkahilah umatku di pagi hari mereka.” (H.R. Abu Dawud)

Maksud pagi hari dalam hadist ini yaitu waktu subuh. Di mana waktu subuh merupakan waktu yang diberkati sehingga tardapat keutamaan di dalamnya. Di antaranya yaitu:

1. Orang yang shalat subuh berjamaah di masjid akan mendapatkan cahaya di hari kiamat.

Dari Buraidah Al Aslami, dari Nabi Shallahu ‘alaihi wasalam, beliu bersabda, “berilah kabar gembira bagi orang yang berjalan ke masjid dalam keadaan gelap bahwasannya kelak ia akan mendapatkan cahaya sempurna pada hari kiamat.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

2. Orang yang melaksanakan shalat subuh berjamaah di masjid, akan mendapat jaminan dan lindungan Allah sampai malam hari.

Dari Jundab bin Abdullah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah Shalallahu ‘alahi wasallam bersabda, “Siapa yang shalat subuh berjamaah ia akan berada dalam jaminan Allah.” (HR. Muslim)

Orang yang melaksanakan sholat subuh dia akan tenang menjalani aktivitasnya karena Allah telah menjaminnya dan dia pun meyakininya.

3. Orang yang melaksanakan shalat subuh berjamaah akan mendapatkan pahala shalat malam dari Isya sampai Subuh.

Dari Utsman bin Affan Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda, “Siapa yang shalat Isya berjamaah, seolah-olah ia telah shalat malam selama separuh malam, dan siapa yang shalat subuh berjamaah seolah-olah ia telah shalat seluruh malamnya.” (HR. Muslim)

Maka bersyukur dan beruntunglah orang yang Istiqomah melaksanakan shalat subuh berjamaah. Mereka tidur semalaman, meskipun dia tidak sholat malam tetapi ia mendapat pahala seperti sholat semalam. Apalagi jika melaksanakan sholat malam nya maka pahalanya tentu berlipat lipat.

4. Orang yang melaksanakan shalat subuh berjamaah akan mendapat balasan surga dari Allah SWT.

Dari Abu Musa Radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barang siapa mengerjakan shalat bardain (yaitu shalat subuh dan ashar), maka ia akan masuk surga.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

5. Mengerjakan sholat fajar (shalat sunnah qobliyah subuh) labih baik dari dunia seisinya.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Dua rokaat fajar itu lebaih baik daripada dunia beserta isinya.” (H.R. Muslim)

Sholat sunnah fajar atau qobliyah subuh adalah amalan sunnah yang sangat dijaga oleh rasulullah. Baru sunnahnya saja balasannya luar biasa, apalagi dengan sholat wajibnya.

6. Bersedekah di waktu subuh didoakan oleh malaikat.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Setiap shubuh ada malaikat yang turun dan berdoa. Yang pertama berdoa, ya Allah berikanlah ganti dan keberkahan bagi orang yang berinfaq. Kemudian malaikat yang kedua berdoa, ya Allah berikanlah kehancuran bagi orang yang pelit.” (H.R. Bukhori dan Muslim)

Oleh karena itu, amalan ini sangat dianjurkan. Berapa pun yang disedekahkan tidak masalah yang penting Istiqomah. Dianjurkan pula untuk sekaligus memohon doa atau hajat saat bersedekah karna amalan ini didoakan oleh malaikat.

7. Sholat subuh disaksikan oleh malaikat.

“Sesungguhnya shalat subuh disaksikan oleh malaikat.” (QS. Al Isra : 78)

Waktu subuh juga merupakan salah satu waktu pergantian tugas malaikat. Malaikat yang bertugas malam akan kembali setelah melaksanakan sholat begitu pula malaikat yang baru datang akan hadir sebelum melaksanakan sholat subuh sehingga semua malaikat berkumpul pada saat sholat subuh.

Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Para malaikat malam dan siang silih berganti mendatangi kalian, dan mereka berkumpul pada saat sholat fajar (subuh) dan ashar. Kemudian malaikat yang menjaga kalian naik ke atas hingga Allah Ta’ala bertanya kepada mereka, dan Allah lebih mengetahui keadaan mereka (para hamba-Nya), ‘Dalam keadaan bagaimana kalian tinggalkan hamba-hamba-Ku?’ Para malaikat menjawab, ‘Kami tinggalkan mereka dalam keadaan sedang mendirikan shalat. Begitu juga saat kami mendatangi mereka mereka sedang mendirikan shalat.” (HR Bukhari dan Muslim)

8. Mendapatkan rezeki dan keberkahan dari Allah.

Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Ya Allah, berkahilah ummatku di pagi hari mereka.” (HR. Abu Dawud)

Barokah tidak akan didapatkan oleh orang yang malas. Imam Ibnul Qayyim berkata, “Tidur di waktu subuh akan menghalangi datangnya rezeki. Karena waktu itu adalah waktu turunnya rezeki, pembagian rezeki dan turunannya keberkahan.”

Itulah beberapa rahasia shubuh, keistimewaan ibadah di waktu subuh. Semoga Allah memberikan keistiqomahan kepada kita untuk menjalankannya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *