Gawat! COVID-19 Bermunculan di RSCM, Waspada Ancaman Gelombang Ketiga

COVID-19 Bermunculan di RSCM
COVID-19 Bermunculan di RSCM
banner 400x400

Jakarta, Hajinews.id – Kasus Corona atau COVID-19 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) per Oktober kembali bermunculan. Menurut staf medis divisi penyakit tropis dan infeksi penyakit dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) dan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Adityo Susilo, hal ini harus menjadi kewaspadaan bersama.

“Di bulan Oktober ini, saya sendiri RSCM dan tempat saya swasta berpraktik, sudah mulai lagi berdatangan kasus-kasus COVID-19 yang baru. Jadi artinya, di bulan Oktober ini sudah mulai bermunculan lagi kasus baru dan kita harus waspada,” ungkapnya dalam webinar Tim Mitigasi PB IDI, Minggu (17/10/2021).

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Ia mengingatkan kehati-hatian perlu ditingkatkan di tengah prediksi gelombang ketiga kasus COVID-19 yang disebut akan terjadi akhir Desember mendatang.

“Ini artinya bulan Oktober ini sudah mulai bermunculan lagi kasus baru,” sambungnya.

“Dan kita harus waspada, isu gelombang ketiga ini diprediksi di akhir tahun, karena mungkin berhubungan dengan pergerakan manusia pada saat itu,” tegas dia.

Wakil Sekjen PB Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) juga meminta warga untuk selalu memperketat protokol kesehatan karena COVID-19 masih menyebar di masyarakat.

“Jadi saya pikir penting untuk selalu waspada dengan COVID-19 karena penyakit ini masih ada di sekitar kita,” pungkasnya.

Sebelumnya, pakar epidemiologi Universitas Griffith Australia Dicky Budiman mengungkap prediksinya soal gelombang ketiga COVID-19 Indonesia di akhir Desember. Menurut dia, kasus harian bisa menembus 30 ribu kasus, jika strategi testing dilakukan dengan maksimal.

“Bisa sampai 30 ribu, tidak akan melebihi 50 ribu. 30 ribu ini kalau dilakukan tes, kalau tesnya sekedarnya misalnya, paling yang ditemukan seribuan sampai 20 ribuan,” sebut Dicky dilansir detikcom Senin (11/10/2021).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *