Jalan Tol Indonesia Terancam Dikuasai Investor Asing, Tarif Disebut Naik

banner 400x400

Jakarta, Hajinews.id – Mantan sekretaris Kementerian BUMN, Muhammad Said Didu mengungkapkan ancaman jalan tol di Indonesia akan dikuasai oleh investor asing.

Penilaian tersebut diungkapkan Said Didu berdasarkan dugaan persoalan besar yang dihadapi PT Pelindo. Dilansir dari YouTube MSD, ia berujar jika Pelindo saat ini mengalami penurunan. Turunnya logistik di Pelindo menjadi salah satu akibat yang membuat jalan tol menjadi sepi.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Selepas dari pelabuhan, truk-truk khusus yang mengangkut peti kemas akan menggunakan jalan tol untuk mengirimnya ke alamat tujuan maupun ke pelabuhan.

“Saya yakin logistik rendah sekali dan itu jalan tol akan menghadapi persoalan besar kecuali memang sudah dijual,” kata Said Didu.
Dikatakan lebih lanjut oleh Said Didu, ada potensi jalan tol akan didominasi investor asing.

Jika jalan tol didominasi investor asing, ada kemungkinan tarif yang dipatok akan naik.

“Ingat, kalai nanti sudah didominasi asing, dia akan punya alat tekan yang tinggi untuk menaikkan tarif tol,” ujar Said Didu.

Said Didu memberikan wanti-wanti terkait pengalihan kepemilikan jalan tol ke tangan investor asing.

“Karena ini prasarana strategis jadi jangan dibebaskan begitu saja. Itu lah dulu kenapa sangat dibatasi investor asing masuk untuk mengelola jalan tol karena itu sangat penting dikelola negara,” ucap Said Didu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *