Inilah 4 Kunci Kebahagiaan

Inilah 4 Kunci Kebahagiaan
Inilah 4 Kunci Kebahagiaan
banner 400x400

Hajinews.id – PADA suatu hari, Rasulullah ﷺ memberikan nasihat kepada Abu Dzar Al-Ghifari yang sejatinya juga nasihat ini diperuntukkan kepada kita juga umatnya. Sebagaimana termaktub dalam kitab Nashaihul ‘Ibad yang ditulis oleh Syekh Muhammad bin Umar Nawawi al-Bantani (Imam Nawawi).

“Wahai Abu Dzar, perbaruilah kapalmu karena laut yang akan kau arungi itu sangatlah dalam; bawalah bekal yang cukup karena perjalanan yang akan kau tempuh sangatlah jauh; ringankanlah beban yang kau bawa karena jalan yang kau lalui sangatlah sulit;dan ikhlaskanlah setiap pekerjaanmu karena Allah maha melihat.”

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Dalam hadist ini setidaknya ada 4 pesan yang disampaikan oleh Rasullah kepada Abu Dzar Al-Ghifary yang bisa kita ambil, yaitu tentang kunci kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat.

Lalu apa saja kunci kebahagiaan itu?

Kunci Kebahagiaan yang Pertama: perbaruilah kapalmu karena laut yang akan kau arungi sangatlah dalam.

Yang dimaksud “perbaruilah kapalmu” di sini adalah kita harus selalu memperbarui niat kita karena kunci dari setiap perbuatan yang kita lakukan adalah niat. Niat adalah pekerjaan hati yang artinya segala sesuatu yang kita lakukan cukup kita dan Allah saja yang mengetahuinya tanpa harus diumbarkan kepada orang lain.

Dalam kitab Ta’lim Muta’lim yang ditulis oleh Syekh Burhanudin Zarnuji beliau menjelaskan mengenai niat ini, “Berapa banyak orang yang melakukan amalan tampaknya amalan dunia akan tetapi dengan baiknya niatnya maka ia berubah menjadi amalan akhirat, dan berapa banyak juga orang yang mengerjakan amalan akhirat akan tetapi berubah menjadi amalan akhirat di karenakan niat yang buruk.”

Oleh sebab itu, kita harus selalu merefresh ulang niat kita agar selalalu terjaga dari penyakit-penyakit yang bisa merusak amal sholeh yang kita lakukan, seperti riya, sum’ah, ujub, dan lainnya.

Kunci Kebahagiaan yang Kedua: bawalah bekal yang cukup karena perjalanan yang engkau tempuh sangatlah jauh.

Kita hidup di dunia hanyalah persinggahan sementara sebelum melanjutkan perjalanan menuju ketempat tujuan yang sebenarnya yaitu akhirat, dan biasanya seseorang kalau mampir suatu tempat dalam perjalanan ia tak akan lama dan pastinya mempersiapkan bekal demi untuk melanjutkan perjalananya.

Oleh karena itu, selama kita masih di beri kesempatan oleh Allah untuk menghirup udara segar di dunia ini, maka harus kita manfaatkan dengan semaksimal mungkin untuk mencari bekal sebanyak-banyaknya, dan bekal yang paling baik adalah takwa sebagaimana dalam firman Allah “ dan berbekalah dan sebaik-baik bekal adalah taqwa, dan bertakwalah kepada-Ku wahai orang-orang yang berakal” (Qs. Al-Baqarah:197)

Kunci Kebahagiaan yang Ketiga: ringankan beban yang engkau bawa karena jalan yang engkau lalui sangatlah sulit.

Perjalanan yang panjang dengan tingkat kesulitan yang tinggi menuntut seseorang untuk meringankan barang bawaanya. Ini merupakan kiasan untuk kita supaya harus meringkan beban yang isa menghambat perjalanan kita di akhirat nanti.

Rasulullah ﷺ telah menjelaskan dalam hadistnya “tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba pada hari kiamat sebelum ditanya empat perkara: tentang umurnya kemana ia habiskan, tentang ilmunya bagaimana ia mengamalkanya, tentang hartanya darimana ia proleh dan kemana ia belanjakan, serta tentang tubuhnya untuk apa digunakanya.” (HR. Tirmidzi)

Nabi mendorong kita untuk tak terlalu terpukau pada urusan dunia terutama harta, karena khusus harta ini dua pertanyaanya yaitu “darimana ia berasal” dan “kemana ia habiskan” artinya semakin banyak harta kita didunia jika semakin menjuhkan kita dari Allah maka akan semakin berat beban yang kita bawa di akhirat nanti.

Kunci Kebahagiaan yang Keempat: ikhlaskan amal

Artinya setiap amal baik yang kita lakukan harus benar-benar hanya untuk mencari ridho Allah SWT. Dalam ilmu fiqih, ikhlas memang tak menjadi salah satu rukun, akan tetapi itu mesti kita lakukan karena ia adalah kunci diterimanya setiap amalan kita.

Oleh sebab itu, kunci kebahagiaan seseorang baik didunia maupun diakhirat adalah jika kita bisa melaksanakan empat pesan Rasulullah diatas, niscaya kita akan merasakan kebahagiaan baik didunia maupun di akhirat.

Wallahua’lam. [ip]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *