Fanatisme Membutakan Hati dan Logika

Fanatisme Membutakan Hati dan Logika
Prof. Rasyid Masri
banner 400x400

By : Prof. Rasyid Masri, Mantan Ketua Umum HMI Cabang Kendari tahun 1994-1995

Hajinews.id – Keragaman yang Allah ciptakan mestinya menjadi warna warni yang indah, dan kekuatan dalam membangun Indonesia yang terkenal dengan bineka tunggal Ika nya.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Sebab keragaman kultur budaya, ras, idiologi, agama, organisasi, adat istiadat dan seterusnya, mestinya menjadi simpul kekuatan bangsa ini , dan kalau semua perbedaan dapat dikelola dengan baik maka harmoni kehidupan akan menghadirkan kerukunan dan toleransi antar kita dan sesama yang lain.

Tapi realitas fakta sosial berkata lain, begitu banyak perbedaan dan keragaman telah melahirkan malapetaka politik, petaka keagamaan, petaka sosial dan budaya.

Kenapa ? Sadar atau tidak kita telah terkoyak oleh mainan politik yang berhasrat kekuasaan.

Sikap berlebihan kecintaan kepada dukungan politik, kecintaan idiologi organisasi tertentu dan semacamnya telah banyak mematikan hati dan logika seseorang menerima kebenaran dan obyektifitas sesuatu, sebab orang yang dijangkiti penyakit fanatisme selalu mengabaikan kebenaran nuraninya, kebenaran akal sehatnya, karena tertutup oleh keberpihakan yang berlebihan, bahkan pendapat yang nyata-nyata benar berdasarkan wahyu. kalau pendapat itu lahir dari bukan golongannya maka berusaha mencari celah untuk menyalahkan, mengeritik dan tak mau rela menerima ide hasil pikir yang bukan anggotanya, sikap seperti inilah yang banyak melahirkan petaka sosial dan konflik sosial antar sesama anak bangsa.

Kalau kita buka kamus, bahasa fanatisme berasal dari 2 kata’ fanatik dan Isme , yang asal kata dari bahasa latin “fanaticus” dalam bahasa inggris dapat disebut frantic or frenzied ‘ kegilaan, mabuk , kalut dst, sementara Isme adalah bentuk keyakinan. Maka orang yang fanatik dijangkiti penyakit jiwa yang mengarah kegilaan, sering kita dengar istilah orang gila cinta, gila organisasi, gila pilihan politik, gila jabatan, gila idola, gila harta, gila wanita dst. Kegilaan yang berlebihan dapat mematikan hati dan logika rasional sekalipun seseorang itu sdh berpendidikan tinggi, seakan dialah pemilik kebenaran dan segala yang terbaik, sehingga sulit menerima nasehat dan menasihati (Sipakainge).

Meminjam kata Ilahi” percuma kau nasihati’ kau ajak atau tidak kau ajak untuk beriman tetap dia tak mau beriman karena hatinya telah tertutup’.

Contoh kasus fanatisme yang membawa petaka sosial dan kemanusian adalah tindakan terorisme, radikalisme dan kekerasan lainnya, semua ini berangkat dari akar fanatisme idiologi keagamaan dan semacamnya.

Mari kita buka ruang perbedaan, sikap toleransi dalam berpikir, bertindak dan berkeyakinan saling menghargai walau tidak sependapat, menerima perbedaan walau tidak setuju. Sebab perbedaan itu suatu keharusan historis dan keharusan natural, sunnahtullah dalam bermasyarakat dan berbangsa.

Salam persatuan, salam bermartabat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *