Gubernur Erzaldi Siapkan Program Hingga Tingkat Desa: IPHI Harus Berperan Sejahterakan Ummat

banner 400x400

Pangkal Pinang, Hajinew.id — Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PW IPHI) yang juga Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengingatkan agar IPHI bergerak sesuai dengan keputusan muktamar.

“IPHI harus berperan dalam meningkatkan kesalihan religi dan kesalihan sosial,” kata Erzaldi saat memberikan sambutan secara virtual pada Rakerwil IPHI Babel di ballroom Rumah Makan Gale Gale, Pangkalanbaru, Bangka Tengah, Kamis/23/12/2021.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Sebagai anggota IPHI kita harus berperan aktif ikut serta menyejahterakan dan memakmurkan umat,” ujar Erzaldi yang juga Gubernur Babel.

Kemudian ia mengatakan saat ini ketidakadilan ekonomi, bisnis, umat sangat luar biasa di negeri ini. IPHI harus mengambil peran. Jangan sampai rasa ketidakadilan dirasakan oleh umat secara berlebihan, dan dengan cara keliru, sehingga akan cenderung mengakibatkan distabilitas.

Selain itu, Erzaldi mengingatkan agar IPHI mendorong para anggotanya betul-betul dapat menjadi haji mabrur.

“Selama ini kita rasakan kemabruran itu semakin lama setelah dia pulang haji, semakin luntur. Bahkan, ketika mereka sudah haji, keikutsertaannya dalam mendorong kesejahteraan dan kemakmuran umat berkurang. Dan ini bertolak belakang dengan tujuan IPHI sebagai wadah penegakan kesalihan religi dan kesalehan sosial,” ujarnya, dilansir Suara.

Raker ini, kata Erzaldi, harus diluruskan bagaimana IPHI dapat berperan serta mencarikan sistem ekonomi, politik dan dilakukan sekelompok elit masyarakat, jangan sampai melukai rasa kesejahteraan umat yang terlalu dalam.

Dan untuk merealisasikan hal tersebut, Erzaldi mengajak dalam Rakerwil kali ini membahas bagaimana memperkuat ukhuwah Islamiyah dan memperkuat silaturahmi, karena dibalik silaturahmi ada hal yang dapat IPHI perbuat untuk masyarakat.

“Mari kita bersama memperkuat jaringan-jaringan tidak hanya di dalam IPHI sendiri, tapi juga membangun jaringan di luar IPHI bersama organisasi-organisasi lainnya. Misalnya Baznas, MUI, Badan Wakaf dan lainnya, sehingga organisasi ini betul-betul dapat memberikan manfaat yang lebih baik, lebih banyak dan lebih dahsyat demi kemajuan umat,” katanya.

Menurut Erzaldi, komisi-komisi yang sudah terbentuk dalam Raker, dapat membuahkan hasil atau program-program IPHI ke depan, sehingga keberlangsungan jalannya organisasi dapat dioptimalkan sebaik mungkin hingga ke level wilayah desa.

“IPHI harus memiliki target, harus menjalin silahturahmi secara intens, bukan hanya sebatas bahan diskusi tetapi harus melangkah dan berbuat lebih baik melakukan sesuatu dalam rangka menjalankan roda aktivitas sosial di tengah masyarakat, dalam menjalankan ekonomi umat dengan lebih baik,” kata Erzaldi.

Sementara, Wakil Ketua Umum IPHI Pusat, Mayor Jenderal Purnawirawan TNI Ahmad Yani Basuki, mengatakan Rakerwil ini sangat penting sehingga setidaknya harus dilaksanakan tiga kali dalam satu periode kepemimpinan.

Selain itu, evaluasi perencanaan harus dilaksanakan untuk menjaga keberlangsungan organisasi.

Ahmad Yani menyebut Rakerwil dengan tema, “Dengan Kemabruran Haji Kita Bangkitkan Perekonomian Umat Menuju Babel Berkah dan Sejahtera” sejalan dengan rekomendasi dari IPHI dalam mendukung bangkitnya perekonomian umat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *