Vaksinasi Warga Tak Capai 100%, Siap-siap Ketua RT/RW Bakal Lengser

banner 400x400

 

Jakarta, Hajinews.id – Moh Ramdhan Pomanto akan melakukan resetting di tataran RT/RW. Ketua RT/RW yang saat ini menjabat terancam akan lengser jika vaksinasi warga tidak capai 100 persen.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Syaratnya adalah dia 100 persen (vaksinasi di wilayahnya, kalau tidak saya akan cari orang lain,” ucap Danny, Minggu (16/1/2022).

Rencananya, resetting total RT/RW bakal dilakukan Februari mendatang. Danny mengatakan, pemilihan Ketua RT/RW tersebut sehubungan dengan berakhirnya masa tugas mereka. Hanya saja, pemilu raya untuk memilih ketua RT/RW belum bisa dilaksanakan bersamaan dengan berakhirnya masa jabatan tersebut.

“Nantinya akan ditunjuk pelaksana tugas (plt) ketua RT/RW. Jadi bukan hanya pejabat yang ada pltnya. Kalau untuk pemilihan ketua RT/RW yang baru, jadwalnya belum ditentukan,” ujar Danny.

Persiapan sudah dilakukan. Danny sudah menginstruksikan Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Harun Rani untuk melakukan update data ketua RT/RW saat ini.

”Sesuai instruksi wali kota, saat ini kita melakukan pendataan RT/RW. Kita sudah bersurat pada seluruh camat untuk mengirimkan update terkini RT/RW,” kata Harun.

Langkah tersebut dilakukan, karena bisa saja ada ketua RT/RW yang sudah meninggal atau berpindah tempat tinggal. Setelah update data RT/RW rampung, selanjutnya BPM akan melaporkan ke wali kota. Sejauh ini, dia belum bisa memastikan tanggal pasti pemilihan RT/RW akan berlangsung. Yang pasti, agendanya akan dilaksanakan secara serentak di bulan Februari mendatang. Karena jabatan RT/RW baru akan berakhir di bulan itu.

“Yang pasti apa yang diperintahkan Pak Wali itu akan kita laksanakan,” tuturnya.

Dia menambahkan, petunjuk teknis (juknis) untuk pemilihan RT/RW nantinya mengacu pada Perwali Nomor 1 Tahun 2017.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *