Gus Baha: Lakukan Hal Kecil ini, Maka Derajatmu Akan Diangkat

derajat manusia
Gus Baha
banner 400x400
Hajinews.idApabila umat islam ingin derajatnya diangkat oleh Allah SWT, ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Beberapa diantaranya adalah mengucap salam, memberi makan kepada orang yang membutuhkan, dan membiasakan diri untuk mengerjakan sholat malam.

Hal tersebut disampaikan oleh Gus Baha dalam salah satu ceramahnya, yang terekam dalam unggahan YouTube chanel Ngaji Melu Kyai. Diunggah pada Minggu (2/8/2020), Gus Baha menjelasakan secara detail mengenai 3 perkara yang bisa mengangkat derajat manusia.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Pertama, menyampaikan salam kepada setiap orang muslim yang ditemuinya, baik yang dikenal maupun tidak. Namun, yang terpenting di sini adalah memastikan terlebih dahulu, orang yang ditemui bisa mendapatkan keselamatan.

Menurut Gus Baha, hal tersebut sesuai dengan hadist Nabi Muhammad SAW, “Almuslimu Man Salimal Muslimuuna Min Lisaanihi Wayadihi.” Yang mempunyai arti, kaum muslimin (yang baik) adalah yang kaum muslimin selamat dari keburukan lisan dan tangannya.”

Kedua, memberikan makan kepada tamu dan orang yang sedang kelaparan. Jadi itu hanya gambaran saja. Namun, pada prakteknya, umat islam dianjurkan untuk memberikan makan kepada semua orang yang sedang membutuhkan. Baik itu saudara ataupun saudara yang membutuhkan.

Ketiga, mebiasakan sholat malam, diwaktu orang lain sedang enak – enaknya tidur. “Semua pada tidur, kamu tahajud, tapi nggak usah sok,” kata Gus Baha. Misal dengan mengumpat, ‘dasar tukang tidur’. Karena, nantinya akan lebih berat dosanya daripada pahalanya.

Dalam video tersebut juga dijelaskan mengenai 3 perkara yang dapat menghapus dosa – dosa kecil, diantaranya: Pertama, menyempurnakan wudhu dalam kondisi yang sangat dingin. Kedua, berangkat ke masjid untuk mengerjakan shalat berjama’ah. Ketiga, duduk tafakkur untuk menantikan shalat berikutnya.

Serta, Gus Baha menjelaskan ada 3 perkara yang dapat menyebabkan kehancuran bagi umat islam, yaitu, mempunyai sifat kikir yang berlebihan, menuruti hawa nafsunya, dan menganggap dirinya paling utama daripada orang lain.

Demikianlah isi ceramah Gus Baha yang menjelaskan mengenai 3 perkara kecil yang bisa mengangkat derajat manusia. Jadi, apabila umat islam ingin mempunyai derajat yang tinggi di sisi Allah SWT, lakukan 3 hal tersebut.

Serta bagi umat islam yang merasa dirinya memiliki banyak dosa, dan ingin menghapusnya. Hal yang bisa dilakukan adalah 3 amalan di atas. Selain itu, Gus Baha dalam ceramahnya juga mengingatkan bahwa, apabila tidak ingin terjerumus ke dalam kehancuran, maka ada 3 hal yang harus dihindari.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *