Perlu Tahu! Cara Mengetahui Travel Umrah Penipu atau Terpercaya

pemberangkatan Jemaah Umroh Ditunda
Saudi Hapus Batas Maksimal Usia Jamaah Umroh
banner 400x400

 

Hajinews.id – Sejak Pemerintah Arab Saudi membuka kembali pintu kedatangan jamaah asing untuk umroh dan haji pada tahun 2022. Kini usaha travel umrah dan haji mulai menggeliat.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Sayangnya, tidak semua pebisnis travel umrah dan haji dapat dipercaya. Para pengusaha travel umrah dan haji, masih ada yang bandel dan punya itikad buruk. Bagaimana cara mengenal travel umrah abal-abal, penipu atau terpercaya?

Berikut cara mengetahui travel umrah bodong, penipu atau terpercaya, dikutip Bisnis Bandung dari berbagai sumber :

Cara mengenal travel yang dapat dipercaya

1.Memiliki kantor travel dengan alamat yang jelas.

2.Mempunyai jadwal penerbangan (keberangkatan dan kepulangan) yang bisa diakses dengan mudah.

3.Jadwal keberangkatan dan kepulangan yang pasti.

3. Telah mendapatkan izin haji dan umrah dari kementerian agama RI.

4. Mempunyai website resmi dan bisa diakses dengan mudah.

5.Memberikan informasi yang transparan terhadap calon jamaahnya.

Sementara itu, menurut Yudi Komarudin Konsultan Smart Umrah Grup Dream Tour Bandung, jangan sampai ibadah umrah atau haji Anda gagal, gara-gara travel palsu.

Beginilah Cara cek travel umrah abal-abal, bodong, penipu atau palsu

1. Sering Menawarkan Harga yang Murah kepada calon jamaah di Luar Kewajaran.

2. Tidak Ada Kantor resmi yang mudah diakses atau menggunakan Lokasi Palsu . Keberadaan lokasi Bisa dicrosscek dengan googlemap

3. Tidak Mempunyai Website Resmi.

4. Tidak mempunyai izin umrah dan izin haji resmi dari kementrian agama RI.

5. Membayar uang di muka dan dijanjikan berangkat di waktu tertentu tanpa kejelasan waktu.

6. Uang calon jamaah digunakan untuk usaha lain.

7. Sistem ponzi menggunakan dana uang muka jamaah lain untuk umrah orang lain.

8. Menunda keberangkatan calon jamaah berkali-kali.

9. Jadwal keberangkatan dan kepulangan yang tidak jelas.

10. Telemarketing dengan iming-iming hadiah logam mulia, voucher hotel dan hadiah lainnya.

Berikut Cara Memilih Biro Perjalanan Umrah Terpercaya

  1. Selalu lakukan kroscek langsung ke kantor biro perjalanan umroh tersebut dan cek juga apakah perusahaan mereka sudah terdaftar serta memiliki izin resmi dari Kementerian agama RI atau tidak.
  2. Cek melalui internet mengenai situs atau website milik mereka serta lihat review atau testimoni mengenai pelayanan serta kekurangan dan kekurangan dari perusahaan jasa travel tersebut.
  3. Jika yang menawarkan adalah seorang ustadz atau pemuka agama, lakukan cek apakah orang tersebut sudah berpengalaman atau tidak.
  4. Tidak sedikit calon jamaah yang tertipu bersama-sama dengan ustadz atau pemuka agama yang juga mengajak mereka berumrah.
  5. Berhati-hati dan jangan mudah tergiur jika Anda ditawari harga yang sangat murah atau paket dengan biaya yang lebih sedikit dari rata rata travel umroh yang lain atau iming-iming dapat logam mulia di awal dan hadiah lainnya.
  6. Rata-rata biaya perjalanan ibadah umrah reguler secara umum untuk saat ini adalah berkisar kurang lebih $1700 ke atas. Dan bisa lebih mahal lagi jika Anda mengambil paket kelas satu untuk pesawat, hotel dan kebutuhan selama anda berada di sana.
  7. Ketika sudah dekat dengan waktu keberangkatan, pastikan Anda sudah mengetahui kode booking pesawat minimal dua minggu sebelumnya. Terakhir pastikan lagi travelnya, jadwal terbangnya, hotel dan visanya, semua harus jelas.

“Unsur penipuan travel umrah abal-abal itu biasanya, didasari oleh kedua hal berikut ini, yang pertama harga sangat murah tidak wajar, yang kedua, masa tunggu pemberangkatan dari setelah pembayaran terlalu lama,” pungkas Yudi kepada wartawan Bisnis Bandung.

Demikian tips cara memilih biro travel umroh terpercaya dan amanah agar terhindar dari praktek travel bodong, penipu dan tidak jelas lainnya. Berdoalah selalu kepada Allah SWT agar dilancarkan segala urusan dan dimudahkan untuk bisa melakukan ibadah umrah ataupun haji dengan lancar dan mabrur.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *