Wajib Tahu! Inilah Keistimewaan Bersedekah Pada Hari Jumat

Bersedekah Pada Hari Jumat
Bersedekah Pada Hari Jumat
banner 400x400
Hajinews.idBersedekah merupakah amalan yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Islam.

Selain untuk membersihkan harta, bersedekah berarti Anda menolong meringankan kesusahan orang lain.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Hal ini dapat Anda lakukan di mana saja, kepada siapa saja, dan kapan saja.

Memang tak ada waktu tertentu ketika Anda ingin bersedekah.

Namun, jika Anda melakukan hal tersebut di hari Jumat, InsyaAllah ada keberkahan dan keistimewaan lebih yang Anda terima.

Pasalnya hari Jumat adalah hari mulia yang keutamaan dan amalan yang terdapat di dalamnya.

Seperti yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: “Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat.

Pada hari itu Adam Alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat.” (H.R Muslim).

Sedangkan dalil lain yang menyebut soal keutamaan hari Jumat juga diriwayatkan oleh Al-Imam al-Syafi’i dan al-Imam Ahmad dari Sa’ad bin ‘Ubadah dalam sebuah hadist:

“Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung dari pada hari raya kurban dan hari raya Fitri. Di dalam Jumat terdapat lima keutamaan.

Pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat.

Di dalam hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama tidak meminta dosa atau memutus tali silaturrahim.

Tiada Malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung dan batu kecuali ia khawatir terjadinya kiamat saat hari Jumat”.

Pada hari Jumaat kita dianjurkan untuk memperbanyak amalan-amalan yang dapat menambah pahala, seperti bersedekah.

Sedekah dapat dilakukan kapanpun, namun waktu yang paling dianjurkan ialah selepas subuh pada hari Jumat.

Sebab, pada saat itu dikatakan ada dua malaikat yang turun dan berdoa.

Sedekah yang diberikan bisa berupa apa saja. Mulai dari uang, makanan, bahkan tenaga.

Barang siapa bersedekah dengan ikhlas pada hari Jumat maka niscaya Allah SWT akan melipatgandakan pahalanya.

Ibnu Qayyim mengatakan, “Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya”.

Hadits dari Ka’ab menjelaskan: “Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya.” (Mauquf Shahih).

Selain bersedekah, Allah SWT juga akan melimpahkan keberkahan serta pahala yang melimpah bagi siapa saja yang memperbanyak kebaikan di hari Jumat.

“Barang siapa yang berbuat kebaikan pada hari Jumat maka akan dilipatgandakan sepuluh kali lipat dari hari yang lain, dan barang siapa berbuat kejelekan maka juga demikian (dilipatgandakan dosanya sepuluh kali lipat).

Dan disamakan hari, yaitu malam, sebab tidak ada perbedaan sama sekali.” (Syaikh Abi Bakr bin Sayyid Muhammad Syatha Ad-Dimyati, Hasyiyah I’anah At-Thalibin, juz 2, hal. 104, Dar Al-Fikr).

Selain bersedakah ini amalan-amalan lainnya yang dapat kamu kerjakan:

Membaca surah Al-Kahfi

Keutamaan membaca surat ini ialah Allah SWT akan memberikan kedamaian dalam hati yang akan menyinari pada dua Jumat atau hingga satu pekan selanjutnya.

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka akan ada cahaya yang menyinarinya di antara 2 Jumat.”

Mandi Jumat

Mandi jumat ialah amalan sunnah yang khusus dilakukan pada hari Jumat. Disebutkan dalam hadits riwayat Ibnu Hibban dari Ibnu Umar sebagai berikut:

من أتى الجمعة من الرجال والنساء فليغتسل

“Barangsiapa yang mendatangi shalat Jumat baik laki-laki maupun wanita maka hendaklah mandi.”

Seorang wanita dalam konteks ini juga mendapatkan kesunahan mandi Jumat apabila ia turut serta melaksanakan ibadah Jumat.

Namun, ketentuan hukum ini menjadi berbeda bila ia memilih shalat Zuhur di rumah, maka tidak lagi disunnahkan baginya. Syekh Muhammad Nawawi Al-Bantani menyatakan:

وأما آداب الجمعة فكثيرة منها أنه (سن لمريدها) أي لمن أراد حضور الجمعة (غسل) وإن لم تجب عليه بل وإن حرم عليه الحضور كامرأة بغير إذن حليلها على المعتمد

“Sedangkan etika dalam shalat Jumat itu banyak, salah satunya adalah disunnahkan bagi orang yang menghendaki untuk mendatangi shalat Jumat untuk mandi, walaupun shalat Jumat tidak diwajibkan baginya bahkan walaupun haram baginya untuk mendatangi shalat Jumat seperti perempuan yang tidak mendapatkan izin dari suaminya menurut pendapat mu’tamad (kuat).” (Syekh Nawawi al-Bantani, Nihayah az-Zain, hal.142, Al-Haramain)

Memperbanyak Dzikir dan Shalawat

Memperbanyak dzikir serta shalawat juga menjadi amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan di hari Jumat.

Amalan ini bisa dilakukan sejak Kamis petang hingga berakhirnya hari Jumat pada tengah malam.

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at.

Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro; hasan lighairihi).

Berdoa

Hari jumat juga menjadi waktu yang mustajab untuk berdoa sebab, ada satu waktu di hari Jumat di mana semua doa akan diijabah oleh Allah SWT.

“Pada hari ini (Jumat) ada waktu yang mulia yang mana doa akan dikabulkan secara mutlak dan waktu tersebut disamarkan pada keseluruhan hari itu seperti halnya yang diungkapkan oleh Al-Imam Al-Ghazali dan selainnya.” (Al-Alamah Abi Bakr bin Al-Sayyid Muhammad Syatha Ad-Dimyati, Hasyiyah I’anah at-Thalibin, juz.2, hal. 63, Dar Al-Fikr).

Abu Hurairah berkata Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya di hari Jum’at terdapat satu waktu yang mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya.

Meski tak ada keterangan yang pasti mengenai kapan waktu 1 jam yang dimaksud, Syekh Ali Jaber mengatakan jika waktu mustajab itu terjadi pada waktu terakhir sore hari.

“Para ulama punya pendapat yang berbeda tentang waktu 1 jam itu.

Dari kumpulan bermacam riwayah hadist 1 jam yang paling kuat untuk diterima doanya adalah 1 jam terakhir pada sore hari.

Kira-Kira 1 jam sebelum maghrib,” kata Syekh Ali Jaber, dikutip dari ceramahnya di Instagram @dunia_kaumhwa, Jumat (4/12).

Membaca Surat Yasin

Keutamaan membaca Surat Yasin berlandaskan hadits riwayat Abu Daud sebagai berikut:

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله “

Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr).

Memperbanyak Kebajikan

Mengerjakan kebajikan tentunya mendapat pahala, apalagi bila dilakukan di hari Jumat.

Pada hari Jumat kebaikan yang kita kerjakan akan dilipatgandakan pahala kebaikan sepuluh kali lipat dari pada hari yang lain. Syekh Abu Bakr bin Syatha berkata:

ـ (قوله: وسن إكثار فعل الخير فيهما) أي في يوم الجمعة وليلتها، لما أخرجه ابن زنجوية عن ابن المسيب بن رافع قال من عمل خيرا في يوم الجمعة ضعف له بعشرة أضعاف في سائر الأيام، ومن عمل شرا فمثل ذلك اه. إرشاد العباد. ويقاس باليوم: الليلة، إذ لا فرق

“Ucapan Syekh Zainuddin; dan sunnah memperbanyak kebaikan di malam dan hari Jumat; karena riwayat Ibnu Zanjawiyah dari Ibn al-Musayyab bin Rafi’, beliau berkata, Barang siapa yang berbuat kebaikan pada hari Jumat maka akan dilipatgandakan sepuluh kali lipat dari hari yang lain, dan barang siapa berbuat kejelekan maka juga demikian (dilipatgandakan dosanya sepuluh kali lipat).

Dan disamakan hari, yaitu malam, sebab tidak ada perbedaan sama sekali.” (Syekh Abi Bakr bin Sayyid Muhammad Syatha Ad-Dimyati, Hasyiyah I’anah At-Thalibin, juz 2, hal. 104, Dar Al-Fikr).

Demikianlah amalan-amalan yang dianjurkan untuk dilakukan pada hari Jumat.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *