Gaji Ke-13 Cair Mulai 1 Juli 2022, Pensiunan Dapat Berapa? Cek Keterangan Taspen

banner 400x400

 

Hajinews.id – Mulai 1 Juli 2022, gaji ke 13 akan cair untuk dinikmati pensiunan, penerima pensiun, dan penerima tunjangan sesuai dengan ketentuan berlaku.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Untuk proses cair gaji ke 13 itu, PT Taspen segera merilis pernyataan yang merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2022 dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 75/PMK.05/2022 tentang Pemberian Tunjangan hari Raya dan Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2022.

Lebih lanjut, Taspen menyebut besaran gaji ke-13 yang cair pada Juli 2022 akan didasarkan pada komponen penghasilan bulan sebelumnya.

Ini berarti, besaran gaji ke 13 akan terdiri atas pensiun pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan dan tambahan penghasilan.

Dikutip dari Antara News, Taspen menyatakan proses cair gaji ke 13 tidak akan dikenakan potongan iuran atau lainnya, kecuali pajak penghasilan yang ditanggung negara sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Selain itu, penerima pensiun yang Terhitung Mulai Tanggal (TMT) pada bulan ini, Taspen menyebut proses pembayaran pensiunan pertama dilakukan di atas 17 Juni 2022.

Sedangkan untuk TMT itu, disebutkan akan mendapat pembayaran gaji ke-13 mulai 4 Juli 2022.

Kemudian berikutnya, aparatur negara yang berperan sebagai pensiunan atau sebaliknya, ini berarti gaji ke-13 dibayarkan hanya satu kali, yakni nilai yang paling besar.

Selanjutnya, aparatur negara yang menjadi penerima pensiunan janda atau duda, ini berarti berhak menerima gaji ke-13 yang dibayarkan keduanya.

Selain itu, pensiunan yang juga berperan sebagai penerima pensiunan janda atau duda, juga dinyatakan berhak dapat gaji ke-13 yang dibayarkan pada keduanya.

Tak lupa, para pensiun janda atau dua yang juga berperan sebagai penerima tunjangan, ini berarti gaji ke-13 dibayarkan pada keduanya.

Taspen, juga menjelaskan tentang PNS dan pejabat negara yang pensiun mulai 1 Juli 2022, yang berarti gaji ke 13 masih bisa cair dengan ketentuan masing-masing instansi tempat bernaung.

Sementara itu, proses cair gaji ke 13 diklaim Taspen tidak dikenakan biaya apapun, sehingga para pensiunan untuk tetap berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang bermunculan.***

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *