Umur Tidak Bisa Ditebak, Manfaatkan Sebaik-baiknya

Umur Tidak Bisa Ditebak
Ustadz Mataji (kanan) dan Moh. Hilman Sueb

Hajinews.id – Dua kegiatan digelar langsung oleh Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Kuripan Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan saat Idul Adha 1443 H. Yaitu salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban, Sabtu (9/7/2022).

Ketua PRM Kuripan Ustadz Mataji menyampaikan salat Idul Adha digelar di tanah wakaf milik PRM Kuripan yang sekarang disebut LapanganMu. Pada tahun ini ustadz Mataji sebagai imam salat Idul Adha, sedangkan khatibnya adalah Ustadz Moh Hilman Sueb.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Umur, Ilmu, Harta dan Badan

Dalam khutbahnya, Hilman Sueb menyampaikan pada jamaah, satu hadist riwayat Tirmidzi yang artinya tidak akan bergeser dua kaki hamba, sehingga dia ditanya tentang umurnya untuk apa dihabiskan, dari ilmunya digunakan untuk apa. Tentang hartanya dari mana dia peroleh dan kemana dinafkahkan, dan dari badannya, untuk apa dihabiskan.

Umur seseorang tidak dapat ditebak kapan kematiannya. Ini rahasia Allah. Sebaiknya menjadi penyemangat kita untuk memanfaatkan umur dengan sebaik-baiknya. Nabi bersabda sebaik-baik manusia adalah orang yang baik amalnya. Dan sejelek-jelek manusia, adalah orang panjang umurnya, dan jelek amalnya (HR.Tirmudzi),” ungkapnya.

Ilmu yang bermanfaat, lanjutnya, adalah limu yang dapat mendatangkan kebaikan bagi dirinya dan orang lain. Jangan sampai ilmu yang dimiliki untuk menipu atau menyesatkan orang lain,

“Oleh karena itu, kita perlu membiasakan berdoa yang diajarkan Nabi Muhammad saw. Ya Allah berilah aku ilmu yang bermanfaat, dan rizki yang baik, serta amal yang diterima (HR. Ibnu Majah),” pesannya.

Kurban 5 Lembu dan 3 Kambing

Dalam hadits di atas, sambungnya, memberikan peringatan kepada kita agar mencari harta dengan jalan halal. Serta membelanjakan pada jalan yang benar sesuai dengan yang diajarkan Islam.

“Kita juga diperingatkan, untuk apa badan kita. Berarti kita diperintahkan menjaga badan kita, agar tetap sehat, jangan sampai digunakan pada hal-hal yang mendatangkan derita,” jelasnya.

Tahun ini PRM Kuripan melakukan penyembelihan hewan kurban sebanyak lima ekor lembu dan ditambah tiga ekor kambing. Penyembelihan dilakukan oleh tim Juru Sembelih Halal (Juleha). (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *