Menghitung Segala Kekuatan Menjelang Pilpres 2024

Menjelang Pilpres 2024
SBY dan JK bertemu di cikeas
banner 400x400

Dihubungi terpisah, Koordinator Presidium Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (Anies) yang merupakan relawan Anies Baswedan, La Ode Basir menyambut baik bila JK berkolaborasi dengan SBY untuk mengusung Anies sebagai kandidat dalam Pilpres 2024.

“Siapa pun nanti yang dipasangkan, kami tetap garis lurus mendukung Pak Anies,” ucap La Ode, Selasa (19/7).

Bacaan Lainnya
banner 400x400

La Ode mengaku, saat ini sedang menggelar banyak deklarasi mendukung Anies sebagai capres. Ia pun tengah menunggu masa jabatan Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta habis. Dengan begitu, Anies bisa lebih leluasa melakukan pendekatan politik ke berbagai daerah, tanpa ada batasan sebagai pejabat publik.

Adu kuat king maker

SBY dan JK bisa dianggap sebagai king maker—orang atau kelompok yang punya pengaruh dalam memunculkan kandidat yang memenangi pemilu. Zaki Mubarak mengatakan, jika SBY dan JK berkoalisi, maka mereka bakal berhadapan dengan figur-figur kuat lainnya, seperti Megawati Soekarnoputri, Joko Widodo, dan Prabowo Subianto.

“Ada barrier (penghalang) yang sulit ditembus oleh Pak SBY untuk mendekati Bu Mega. Jokowi sambutannya juga dingin. Prabowo juga tidak antusias berkoalisi dengan SBY,” ujar Zaki.

“Jadi, langkah Pak SBY memang sangat terbatas. Sehingga paling memungkinkan ya membentuk persekutuan politik dengan JK dan Surya Paloh.”

Zaki mengatakan, SBY punya nafsu politik yang sejak lama ingin menjadikan AHY sebagai pelanjut “klan” Yudhoyono. Sehingga SBY terus mencari peluang agar AHY bisa dipinang menjadi cawapres atau setidaknya matang berpolitik melalui persaingan pemilu.

“Pak SBY jelas berkeinginan membangun kedekatan politik dengan Bu Mega, tapi kan ditolak. Jadi motif utamanya bukan melawan Bu Mega,” kata Zaki.

Sejauh ini, Zaki mengamati paling tidak ada dua kubu king maker yang kemungkinan besar berpengaruh kuat dalam Pilpres 2024. Pertama, lingkaran Megawati, Jokowi, dan Surya Paloh. Kedua, JK, SBY, dan Prabowo.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *