Mengupas Sosok Sang Pemimpin Autentik

Sang Pemimpin Autentik
buku anies baswedan
banner 400x400

Bagaimana pula Anies yang disebut penulis sebagai ‘manusia aneh’ memenuhi kualifi kasi pemimpin tersebut. Tentang buku tersebut, tokoh intelektual Azyumardi Azra menilai kehadirannya tepat waktu dalam mengisi kekosongan literatur terkini tentang Anies Baswedan. Karya ini cukup padu dan komprehensif membahas sosok Anies Baswedan dalam menaiki dan me nempuh karir politik, kehidupan sosial, budaya, dan agama yang penuh gejolak di Jakarta yang terkait pula dengan dinamika politik nasional dan kepemimpinannya untuk Indonesia ke depan, seperti dikutip dari sampul belakang buku. Buku ini merupakan buku yang rasanya perlu Anda baca selaku pemerhati kemaslahatan bangsa. Kolabo rasi Abdurrahman Syebubakar, seorang intelektual ekonomi politik dan praktisi penanggulangan kemiskinan dan perlindungan sosial, dan Smith Alhadar, kolumnis senior politik Timur Tengah, memberikan paduan kedalaman perspektif di berbagai isu.

Umpa ma pada tulisan tentang pembangunan manusia dan demokrasi di DKI Jakarta selama dipimpin Anies dan kepemimpinan Anies dalam konteks hubungan internasional. Masih banyak lagi isu dan tema inspiratif yang dibahas dalam buku ini meliputi pencapaian agenda global SDGs, gerakan kolaborasi, kemitraan pemerintah provinsi dan lembaga fi lantropis, pembangunan kota yang ramah disabilitas, pembangunan inklusif yang memberdayakan komunitaskomunitas agama yang berbeda-beda, dan lainnya. Disajikan dengan perpaduan gaya penyampaian yang argumentatif, tajam, serta kaya data dan fakta, para penulis memprovokasi benak pembaca agar kritis dan objektif menggali serta memahami substansi gagasan, narasi, dan karya dari fi gur sentral yang dibahas dalam buku ini–Anies Rasyid Baswedan–lalu secara sadar membuat sikap dan keputusan politik. (M-2)

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Penulis adalah lulusan program S-2 di jurusan kesejahteraan sosial FISIP UI dan saat ini berkecimpung di bidang monitoring dan evaluasi.  

Judul Buku:  Anies Baswedan: Gagasan, Narasi, dan Karya Menjawab Tantangan Masa Depan  

Penulis:  Abdurrahman Syebubakar dan Smith Alhadar  

Penerbit: Institute for Democracy Education (IDE)   Cetakan:  Pertama, Mei 2022   Tebal:  267 halaman

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *