Bisnis itu Kreativitas Berpikir

Bisnis itu Kreativitas Berpikir
Prof. Abd. Rasyid Masri (Akademisi dan Pebisnis )

Oleh: Prof. Abd. Rasyid Masri (Akademisi dan Pebisnis )

Hajinews.id – Dalam buku berjudul 88 strategi bisnis Ala Rasulullah Tak Pernah Rugi, dalam buku tersebut menghadirkan 88 strategi kiat berbisnis Ala Rasulullah, tentu tidak untuk dijelaskan satu persatu dalam tulisan singkat ini.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Dalam buku tersebut diuraikan M bahwa Nabi Adam adalah petani, nabi Ibrahim jualan pakaian dan barang barang, Nabi  Nuh dan Nabi  Zakaria menjadi tukang kayu, Nabi Musa penggembala kambing dan dalam Al Quran juga menjelaskan kalau Nabi Daud pembuat  baju besi lihat QS.Al -Anbiyah (21):80.

Rasulullah SAW, semasa remaja Pengembala kambing dan terus beralih jadi pebisnis, pedagang yang sukses.

Banyak  para sahabat menjadi pebisnis yang kaya raya seperti Usman bin Affan dan para sahabat lainnya

Bisnis bernilai ibadah bila diawali dengan niat untuk mencari ridho Allah Swt, sebab amal ibadah itu tergantung dari niatnya. Maka disinilah letaknya bisnis itu ibadah berbuah amaliah.

Islam sangat menganjurkan agar umat Islam kerja keras dan kerja cerdas, jangan hanya kerja keras sebab kalau itu yang dilakukan berarti kita bekerja dengan mengandalkan instrumen otot, tenaga dan hasilnya pastilah kurang tapi kita dianjurkan kerja cerdas tentu instrumen utamanya adalah kerja akal, otak bukan otot, dan kerja cerdas tak butuh tenaga yang kuat tapi bagaimana mengolah otak menjadi hasil, di pikir malamnya di kerja paginya.

Rasulullah dalam berbisnis menghargai kreatifitas berpikir, ketika beliau memutuskan untuk jadi pebisnis terlebih dahulu melakukan observasi terhadap berbagai kecedrungan pasar, kenapa Rasulullah pilih berdagang ke luar kota Mekkah ke negeri Syam dan sekitarnya karena telah melihat potensi tanah Mekkah yang tandus untuk bercocok tanam dan sebagainya .

Rasulullah dalam  berbisnis sangat kreatif dan selalu berpikir malamnya untuk menciptakan ide baru agar tak sama dengan pebisnis lainnya. Terutama anjuran lebih kreatif dalam penjualan agar konsumen bisa melirik,

Pebisnis yang  cerdas selalu berpikir  di malam hari, sekalipun produk kita sama kalau kita lebih kreatif dalam pemasaran, teknik penjualan dan teknik kemasan maka kita akan lebih sukses , jadi bisnis itu butuh sentuhan kreativitas .

Hal tersebut sebagai bagian dari strategi yang  menentukan hasil akhir dalam pencapaian sehingga kita berani berhipotesis bahwa semakin kreatif seorang pebisnis dalam melihat peluang maka semakin sukses meraih hasil yang lebih besar. Wslm.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *