Lomba Makan Kerupuk

Lomba Makan Kerupuk
Lomba Makan Kerupuk

***


Pada akhirnya,  Menjadi Indonesia adalah sebuah gerakan moral yang mengajak siapa saja, pelajar,  mahasiswa, pegawai, ulama, umaroh, tentara, polisi, politisi, pengusaha, buruh, lelaki-perempuan, dan siapa saja warga negara Indonesia untuk berbuat nyata untuk Indonesia. Tidak hanya nyata, tetapi bermanfaat bagi bangsa ini, bukan sebaliknya.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Itu penting. Sebab, sekarang ada kecenderungan bersikap dan berperilaku pragmatik serta keterpesonaan terhadap wacana ideologi-ideologi dunia, ideologi asing, budaya negara lain, perilaku bangsa lain, meniru bangsa atau menjadi bangsa lain. Hal seperti itu nyaris menenggelamkan bahkan menghilangkan jati diri kita.

Akibatnya adalah rasa keindonesiaan pun juga terasa memudar. Memudarnya rasa keindonesiaan tersebut bisa menjadi awal kepunahan kita sebagai bangsa. Bangsa yang merdeka.

Orang merdeka adalah orang yang berani melawan ketakutan-ketakutan dalam melihat situasi kekinian. Tidak menyurutkan langkah untuk menyongsong masa depan.

Ibarat kata, sama halnya, tidak takut kalah dalam lomba makan kerupuk atau lomba apa pun. Karena, bukan kemenangan yang dicari, tapi persahabatan, persaudaraan, ucapan syukur sebagai sesama anak bangsa yang mempunyai tugas mulia untuk membela, memertahankan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara.

… dengan demikian, kita semakin Menjadi Indonesia.****