Kemenag Batubara Ingin PD IPHI Batubara Terus Berkembang dengan Pelatihan Manajemen

banner 400x400

Hajinews.id — Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PD IPHI) Kabupaten Batubara melaksanakan Pelatihan Manajemen Ke-IPHI-an Menuju Haji Mabrur, kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor IPHI Batubara Kecamatan Lima Puluh, Kamis (06/10/2022).

Sementara itu Ketua IPHI Batubara berharap kegiatan tersebut dapat wujudkan visi misi IPHI Kabupaten Batubara, sekaligus sebagai rumah besar yang teduh penuh semangat menuju panggilan Baitullah, ujar H Bakhtiar Mogaza.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Ketua PD IPHI Batubara H. Bakhtiar Mogaza, M.Hum., dalam laporannya menyampaikan bahwa pelatihan yang diikuti oleh 60 peserta merupakan perwakilan PC IPHI Kecamatan Se-Kabupaten Batubara dan termasuk Majlis Taklim Perempuan (MTP) IPHI Batubara, ujarnya.

“Saya berharap Pengurus dapat mensosialisasi visi dan misi serta program IPHI secara internal kepada Pengurus dan alumni haji lainnya, sehingga menjadi ladang pengabdian dan ibadah, disamping sebagai katalisator perbaikan kehidupan sosial keagamaan ditengah masyarakat.

Selain itu Bakhtiar menyebut bahwa IPHI sebagai organisasi kemasyarakatan Islam yang terukur, sedangkan manajemen ke-IPHI-an adalah mutlak untuk dibumikan sebagai indikator keberhasilan bermanfaat pada diri dan masyararakat, tegasnya.

Disamping itu, Kakan Kemenag Batubara Sakoanda Siregar, S.Ag mengapresiasi IPHI sudah berbuat yang terbaik bagi perkembangan haji di Kabupaten Batubara, ujarnya.

“Sepanjang masa tugas Saya, baru kali ini saya melihat kegiatan seperti, dimana IPHI berbuat banyak terutama sosial keagamaan dan moderasi beragama yang mendapat dukungan cukup besar dari Pemkab Batubara,” terangnya.

Sementara Bupati Batubara Ir. H Zahir, M.AP dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Asisten I Pemerintahan Rusian Heri, ia mengharapkan agar IPHI Batubara meningkatkan peran dan memberikan edukasi dan semangat panggilan ke Baitullah, sehingga Haji dan Hajjah dapat turut membangun Batubara menuju Kabupaten yang Madani, harapnya.

“Silakan pengurus IPHI Batubara membuat dan mengajukan program yang menyentuh kepentingan dan kemaslahatan umat dan jaga kemabruran haji sepanjang hayat yang merupakan motto IPHI, tegasnya dan langsung membuka acara pelatihan secara resmi.

Dalam acara tersebut turut hadir Sekretaris PW. IPHI Sumut DR H Azhar Sitompul, MA dalam paparan sebagai Narasumber menyampaikan bahwa IPHI sebagai organisasi yang independen tugas dan perannya yaitu,

Pertama internal, meningkatkan kemampuan manajemen diri dan organisasi serta memperkenalkan IPHI kepada masyarakat disamping melakukan kegiatan pembinaan kepada alumni haji, jelasnya.

Lanjutnya kemudian di Eksternal, IPHI bersama kepengurusan ikut serta bersama pemerintah untuk menjaga kebersamaan, persatuan dan kesatuan dalam bingkai perbedaan, selain membantu masyarakat terutama hal keagamaan khusus mengenai haji, jelasnya kembali.

Selanjutnya mengakhiri paparan DR Azhar Sitompul, MA menyampaikan bahwa IPHI harus kompak dan satu sebagaimana thawaf di Baitullah, miniatur keberagaman mencapai tujuan bersama, selain itu berbuatlah jangan dipikirkan untung dan rugi dalam kemaslahatan umat yang jelas Allah akan memberkahi perjuangan.” tandasnya.

Sumber

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *