Pilpres 2024, Jawa Lubang Kunci Gerbang Istana, Jawa Timur Anak Kuncinya

Pilpres 2024
Pilpres 2024. Foto/ilustrasi: kompas

Menkopolhukam itu menolak dan meluruskan bahwa peran Indonesia jelas yakni melandaskan nilai perikemanusiaan dan mendorong para pengungsi untuk ditolong dengan syarat mereka mematuhi prosedur yang ada. Tidak lama Mahfud MD bahkan memberikan gebrakan atas pengusutan kasus penembakan Sambo. Mahfud seolah menjadi oase di saat publik yang tidak merasa terwakili atas nasib kejelasan penegakan hukum kita.

Sekalipun PBNU di bawah kendali Gus Yahya sebelum mencalonkan diri sebagai Ketua Umum menyatakan akan mengambil jarak dengan politik praktis, bahkan menggaransi tak akan ada capres/cawapres dari PBNU. Ini tentu tidak berarti orang NU dilarang berkontestasi di Pilpres 2024.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Posisi suara Jawa Timur yang diisi oleh mayoritas kalangan Nahdliyyin akan terus menjadi sorotan untuk dimenangkan calon capres-cawapres 2024. Dengan kata lain posisi daya tawar NU sangat prestisius, catatannya harus terdapat figur kalangan NU yang dianggap dapat mewakili klateria untuk mereka sokong. Walaupun seringkali terjadi ”keretakan” atau pertentangan di kalangan NU terkait dengan pemilihan langsung terjadi sejak Pilpres 2004 silam. Sementara untuk saat ini, dari figur NU yang ada nama Mahfud MD dianggap dapat menjadi simpul yang dapat diterima semua kalangan Nahdliyyin Jawa Timur.