Gelar Konferensi Internasional Studi Islam, Unissula Siapkan Generasi Khaira Ummah

Unissula Siapkan Generasi Khaira Ummah
banner 400x400

‘’Prinsip lain yaitu komitmen dengan hukum-hukum syariat Islam, menguasai ilmu akidah, mewaspadai aliran-aliran salah dan menjawab pemikiran-pemikirannya yang keliru, memperbanyak amal kebaikan, mengambil pelajaran dan hikmah di balik kisah-kisah para nabi dan rasul terdahulu agar selalu sabar dan teguh dalam memperjuangkan dakwah Islam,” tegasnya.

Ayang Utriza Yakin DEA PhD dosen di Sciences Po Bordeaux France mengatakan, perkembangan studi Islam saat ini sangat erat terkait dengan perkembangan dan kemajuan dunia digital. Tahun demi tahun pusat-pusat kajian Islam di Eropa terus bertambah dan berkembang, seperti di Perancis, Inggris, Belgia, dan Switzerland.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Sementara itu Prof Dr Fathi Abdurrahman Hijazy, guru besar Universitas Al Azhar Kairo Mesir berpendapat, menghadapi tantangan era terkini, seperti rumor-rumor kekerasan, ada beberapa langkah yang penting, yaitu penguatan peran pendidikan Islam dalam rangka menunjukkan hubungan yang erat antara Al-Qur`an dan Hadits dengan ilmu-ilmu para ulama yang menerangkan maksud keduanya dengan benar. ‘’Mengajarkan ilmu-ilmu bahasa Arab dan Islam dengan bahasa yang sesuai dengan perkembangan zaman tanpa mengubah esensi dan substansi Islam, memperhatikan dengan baik kesejahteraan dan kemampuan para pengajar dan pendidikan Islam, memperkaya ruang pendidikan dengan teknologi modern, dan mengadakan seminar dan workshop-workshop pendidikan Islam,” tegasnya.

Dr Abdulshakur Yusuf Ishak Kaduna State University, Nigeria mengatakan, Al-Madaih an-Nabawiyah adalah seni syair Arab yang ditujukan untuk mengungkapkan sanjungan khusus kepada Nabi Muhammad Saw dengan setulus-tulusnya, baik dari sudut pandang penyairnya sendiri maupun tujuan sanjungannya berangkat dari luapan perasan religi, sebagai emosional manusia yang paling kuat dan tulus. ‘’Ibrahim bin Ahmad al-Muqri adalah penyair yang sangat unik dalam mengungkapkan mahabbahnya kepada Nabi Muhammad Saw melalui pengalaman ruhaniyah pribadinya,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *