Nekat Operasi Bariatrik, Selain Langsing, Diabetes Melly Goeslaw Ikut Terhempas

Hajinews.id – Jakarta – Operasi bariatrik yang dilakukan Melly Goeslaw ternyata tidak hanya berhasil membuatnya menurunkan berat badannya secara drastis tetapi juga membuat hidupnya menjadi lebih ‘baru’. Melly mengaku ada perubahan pola hidup yang terjadi usai ia melakukan operasi mulai dari porsi makan hingga kebiasaan buruknya kini telah hilang.

“Kemarin waktu bariatrik aku pikir-pikir aku 3 jam di bius total tapi begitu bangun aku punya hidup yang baru. Aku juga stop rokok 100 persen, terus juga aku juga nggak begadang lagi karena jam 10 udah ngantuk,” ucap Melly Goeslaw pada Konferensi Pers RSPI Group – Bedah Bariatrik, Solusi Bebas Obesitas, di Grand Hyatt Jakarta Pusat, Jumat (11/11/2022).

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Lebih lanjut Melly menyebut merasakan dampak positif usai operasi bariatrik bagi kesehatannya yakni penyakit diabetes yang kian membaik.

“Waktu sebelum operasi ada pemeriksaan, di situ aku ketahuan ternyata aku diabet, setelah bariatrik diabetnya bagus. Waktu itu gulanya 250 sekarang 99,” ceritanya.

Spesialis bedah subspesialis bedah digestif dari RS Pondok Indah, Dr dr Peter Ian Limas, SpBSubBDig yang juga menangani Melly Goeslaw menyebut hal ini bisa terjadi karena adanya perubahan hormonal pasca operasi.

“Untuk sleeve ini memang yang ditinggalkan itu 15 persen dari lambungnya yang ditinggalkan, jadi memang kecil sekali. Jadi untuk perubahan citra rasa itu memang ada, terlebih pada metode-metode tertentu seperti bypass, hormonal itu juga, kita banyak bermain dengan hormon walaupun 100 persen belum mengerti itu kita belom tau,” ucap dr Peter.

Menurut dr Peter, perubahan kondisi yang dialami Melly Goeslaw tidak lepas dari operasi yang dijalaninya. Meski demikian, tetap ada faktor lain yang turut menentukan.

“Kenapa setelah operasi kok diabetnya hilang begitu saja? Karena itu perubahan hormonal,” lanjutnya.

Meski disebut ampuh menyembuhkan beberapa penyakit, dr Peter berpesan kepada pasien untuk berkomitmen untuk mengubah gaya hidup mereka dengan pola makan sehat hingga olahraga

“Perlu diingat keseluruhan manfaat dari tindakan bedah bariatrik dapat dicapai secara optimal jika didukung komitmen dan konsistensi yang kuat dari pasien dalam mengubah gaya hidup mereka, sepanjang usia,” pesannya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *