Tips Merawat Kaki Penderita Diabetes dari Amputasi

Tips Merawat Kaki
Tips Merawat Kaki

Cara Merawat Kaki

Perawatan kaki yang benar meliputi hal-hal berikut:

Hajinews.id

Bacaan Lainnya
banner 400x400

– Lihatlah kaki Anda setiap hari. Periksa kaki Anda sekali sehari apakah ada lecet, luka, retak, luka, kemerahan, nyeri atau bengkak. Jika Anda kesulitan menjangkau kaki Anda, gunakan cermin tangan untuk melihat bagian bawah kaki Anda. Letakkan cermin di lantai jika Anda tidak bisa memegangnya, atau minta bantuan seseorang.

– Cuci kaki Anda setiap hari. Cuci kaki Anda dengan air hangat (bukan panas) sekali sehari. Keringkan dengan lembut, terutama di sela-sela jari kaki. Gunakan batu apung untuk menggosok kulit dengan lembut di mana kapalan mudah terbentuk.

– Taburkan bedak talk atau tepung maizena di antara jari kaki agar kulit tetap kering. Gunakan krim atau lotion pelembab di bagian atas dan bawah kaki Anda untuk menjaga kelembutan kulit. Mencegah retakan pada kulit kering membantu mencegah masuknya bakteri.

– Jangan menghilangkan kapalan atau lesi kaki lainnya sendiri. Untuk menghindari melukai kulit Anda, jangan gunakan kikir kuku, gunting kuku atau gunting pada kapalan, jagung atau kutil. Jangan gunakan penghilang kutil kimia. Temui penyedia atau spesialis kaki Anda (ahli penyakit kaki) untuk menghilangkan salah satu dari masalah ini.

– Potong kuku kaki Anda dengan hati-hati. Potong kuku Anda lurus. Kikir ujung tajam dengan hati-hati dengan papan ampelas. Minta bantuan seseorang jika Anda tidak bisa memotong kuku sendiri.

– Jangan bertelanjang kaki. Agar kaki Anda tidak terluka, jangan bertelanjang kaki, bahkan di sekitar rumah Anda.

– Kenakan kaus kaki yang bersih dan kering. Kenakan kaus kaki yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat dari kulit Anda. Ini termasuk kapas dan serat akrilik khusus, bukan nilon. Jangan memakai kaus kaki dengan karet gelang yang ketat. Band-band ini mengurangi sirkulasi. Hindari kaus kaki dengan jahitan yang dapat mengiritasi kulit Anda.

– Belilah sepatu yang ukurannya pas. Belilah sepatu yang nyaman yang memberikan dukungan dan bantalan untuk tumit, lengkungan, dan bola kaki. Hindari sepatu ketat dan sepatu hak tinggi atau sepatu sempit yang memadati jari kaki Anda.

Jika satu kaki lebih besar dari kaki lainnya, belilah sepatu dengan ukuran lebih besar. Penyedia Anda mungkin merekomendasikan sepatu yang dirancang khusus (sepatu ortopedi). Sepatu ini pas dengan bentuk kaki Anda, bantalan kaki Anda dan pastikan berat Anda sama di kedua kaki.

– Jangan merokok. Merokok mempersulit darah Anda untuk melewati tubuh Anda. Ini juga mengurangi jumlah oksigen dalam darah Anda. Masalah-masalah ini dapat memperburuk luka dan memperlambat penyembuhan. Bicaralah dengan penyedia Anda jika Anda memerlukan bantuan untuk berhenti merokok.

– Jadwalkan pemeriksaan kaki secara teratur. Penyedia atau ahli penyakit kaki Anda dapat melihat tanda-tanda kerusakan saraf, sirkulasi yang buruk, atau masalah kaki lainnya pada kaki Anda. Lakukan pemeriksaan kaki setidaknya setahun sekali atau lebih sering jika direkomendasikan oleh penyedia Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *