7 Kota di Indonesia Ini Secara Geografis Aman Dari Gempa dan Tsunami Besar

7 Kota di Indonesia Ini Aman Dari Gempa
7 Kota di Indonesia Ini Aman Dari Gempa
banner 400x400

Hajinews.idIndonesia merupakan negara yang bisa mengalami bencana alam mulai dari letusan gunung berapi, gempa bumi besar hingga tsunami.

Indonesia mencatat banyak bencana akibat gempa bumi, mulai dari gempa Donggala, gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat, dan gempa Aceh.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Dengan kondisi geografis yang berada di antara lempeng Pasifik, Eurasia, dan Australia, Indonesia rentan terhadap segala hal mulai dari gempa tektonik hingga megathrust.

Kecuali tentunya karena kepulauan Indonesia terletak pada Cincin Api Pasifik, atau Ring of Fire, yang merupakan jalur gempa aktif di dunia.

Karena itu, Indonesia menjadi negara yang sering mengalami gempa dan tsunami. Dari catatan berdasarkan kejadian seismik, beberapa daerah kemudian diidentifikasi sebagai daerah peringatan seismik.

Meski demikian, di kepulauan Indonesia juga terdapat sejumlah kawasan yang dikategorikan sebagai wilayah yang relatif aman dari ancaman gempa.

Aman dalam hal ini bukan berarti tidak akan pernah merasakan gempa, tetapi karena berada cukup jauh dari pusat terjadinya gempa.

Dikutip dari kanal Youtube Indopedia pada Jumat, 16 Desember 2022 diketahui sejumlah wilayah di Indonesia yang termasuk aman dari ancaman gempa.

Batam, kota yang lebih dekat dengan negeri tetangga Singapura ini terbilang aman dari bahaya gempa.

Berada di Kepulauan Riau yang cukup jauh dari pertemuan antara lempeng bumi, menjadikan kota Batam menjadi relatif aman.

Pekanbaru, lokasi geografisnya yang berada cukup jauh pusat-pusat gempa menjadikan kota ini juga relatif aman.

Berbeda halnya dengan kota Aceh, Padang, Bengkulu dan Bandar Lampung yang berada dekat dengan daerah pusat-pusat gempa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *