Manfaat Sayur Terong Hijau Untuk Kesehatan

Manfaat Sayur Terong Hijau
Manfaat Sayur Terong Hijau

Hajinews.idTerong hijau merupakan salah satu jenis terong yang biasa ditemukan dan dikonsumsi di Nusantara. Terong hijau tidak hanya melengkapi masakan, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang tak terhitung jumlahnya.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, terong hijau seberat 82 gram (g) mengandung 20,5 g kalori; lemak 0,1 g; natrium 1,6 g; karbohidrat 4,8 g; 2,4 g serat; gula 2,9 g; dan 0,8 g protein. Selain itu, terong hijau banyak mengandung vitamin yaitu vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, B12, E dan K.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Manfaat Terong Hijau

Mengonsumsi terong hijau baik untuk kesehatan tulang, mengurangi risiko penyakit jantung, hingga mencegah kanker. Berikut ulasannya.

Menurunkan Resiko Diabetes

Dalam terong hijau memiliki sifat sama seperti insulin yang bisa mengurangi risiko diabetes sehingga berbagai komplikasi lainnya bisa dicegah. Manfaat ini juga sudah dibuktikan dalam beberapa studi yang dilakukan di negara Asia.

Mengontrol Tekanan Darah

Kegunaan lainnya dari terong hijau adalah bisa mengendalikan tekanan darah. Mengkonsumsi sayur ini terbukti bisa mencegah tekanan darah tinggi yang merupakan penyebab utama dari stroke, serangan jantung dan kondisi lain yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi. Semua ini bisa didapatkan karena kandungan potasium dalam terong hijau yang lumayan tinggi.

Menjaga Kesehatan Kulit

Salah satu antioksidan dalam terong hijau yakni vitamin C sangat baik dikonsumsi sebagai makanan solusi kecantikan kulit. Terong hijau sangat efektif untuk menghaluskan kulit, melembabkan bahkan melindungi kulit dari kanker kulit serta menyembuhkan jerawat dengan lebih cepat.

Meningkatkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat tinggi dalam terong hijau ini merupakan zat yang sangat dibutuhkan untuk melindungi dan melancarkan sistem pencernaan. Dengan mengkonsumsi terong hijau, semua nutrisi yang terdapat dalam makanan bisa diserap dengan baik di dalam tubuh.

Mencegah Kolesterol Tinggi

Terong hijau juga akan merangsang produksi empedu dan juga menurunkan kolesterol tinggi. Namun kolesterol baik atau HDL dalam tubuh tidak akan terpengaruh dan hanya menurunkan kadar kolesterol jahat yang akan langsung berkurang secara otomatis.

Memperbaiki Fungsi Hati

Beberapa orang juga mempercayai jika terong hijau juga bisa meningkatkan fungsi organ hati dan ini menjadi salah satu manfaat terpenting dalam sayuran tersebut. Hati adalah organ terpenting yang bisa memicu fungsi organ lainnya, jika organ hati bisa tetap sehat, maka seluruh fungsi tubuh bisa berjalan dengan baik.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, namun vitamin C dalam terong hijau juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga berbagai kuman penyakit bisa dicegah dengan baik.

Mendukung Proses Menurunkan Berat Badan

Karena terong hijau sangat baik untuk sistem pencernaan, maka sayuran ini juga berperan penting dalam proses menurunkan berat badan. Terong hijau mengandung sedikit kalori namun tinggi serat yang akan membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga bisa mencegah anda makan terlalu banyak.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan