Menghentikan Politik Orang Kaya

Politik Orang Kaya
ilustrasi: Orang Kaya

Rakyat itu dianggap hanya angka statistik manusia tak berdaya yang mereka manfaatkan untuk mengeruk keuntungan dan langgengkan kekuasaan bagi diri dan keluarganya. Negara yang kaya raya ini pada akhirnya hanya langgengkan posisi mereka yang miskin dan rentan miskin hingga separo dari penduduk Indonesia.

Hal tersebut juga terlihat dari riset Semeru ( 2020) yang ungkap fakta bahwa hanya 87 persen keluarga miskin itu tetap mewariskan kemiskinan kepada generasi selanjutnya.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Satu hal lagi yang membedakan dengan politik di Amerika Serikat misalnya, jika orang Amerika itu menjadi kaya karena inovasi bisnisnya lalu mereka mencoba untuk pengaruhi negara, elit kaya di Indonesia itu mencari kekayaan dengan cara mempengaruhi kebijakan. Sebab jalin kelindan bisnis elit kaya di Indonesia itu bergantung pada kepentingan kapitalis global yang berpusat pada negara negara adi kuasa.

Dalam istilah Profesor Yoshihara Kunio disebut sebagai ersatz caputalism atau kapitalis semu. Kapitalis yang hidup dan matinya bergantung dari keistimewaan atau keistimewaan kebijakan dan peraturan.

Saat ini kita masuk ke tahun politik, dan tahun politik ini akan segera dipenuhi oleh slogan slogan palsu para elit kaya tersebut. Tapi sayangnya, rakyat sepertinya tetap tak akan berdaya. Sebab calon calon yang muncul saat ini baik untuk anggota parlemen maupun eksekutif sepertinya ya hanya berasal dari kelompok elit kaya tersebut.

Jadi, apakah yang bisa kita perbuat? bagaimana cara menghentikanya? Jika anda tidak sanggup untuk tidak memilih, maka pilihan terbaiknya adalah pilihlah dari calon yang paling miskin secara harta. Tidak ada kaitanya dengan anggota keluarga kaya. Tapi juga yang setidaknya kalau masih ada juga yang punya karya riil pernah membela kepentingan rakyat jelata secara nyata. Ini adalah pilihan terbaik dari yang terburuk.

Jakarta, 27 Desember 2022

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *