Mengejutkan! Mada 9, Supercar Misterius Buatan Taliban Sukses Bikin Terperangah

Mada 9 merupakan supercar pertama yang dibuat di Afghanistan. Foto/Carscoops

Hajinews.id — Mada 9, mobil super yang berhasil bikin semua orang terkejut ini buatan Afghanistan. Mobil itu ciptakan dengan menggunakan mesin yang misterius.

Dilansir dari berbagai sumber, mobil yang tampil dengan desain agresif itu langsung mendapatkan perhatian dunia otomotif internasional. Situs Carscoops malah menyebut Mada 9 memiliki desain yang sangat menarik dan ternyata bisa berjalan dengan sempurna.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Mobil ini bukan rekayasa digital tapi benar-benar bisa berjalan. Ini yang membuat mobil ini perlu diapresiasi karena beda dengan lainnya yang cuma rekayasa seperti Ares S1 dan SP Automotive Chaos,” tulis Carscoops.

Purwarupa mobil sport Mada 9 yang ramping, bergaya, dan megah memulai debutnya pada Desember 2022. Mobil mewah tersebut merupakan hasil desain dan pengembangan 30 insinyur selama lima tahun di pabrikan ENTOP dan Institut Kejuruan Teknis Afghanistan (ATVI) Kabul. Mobil super itu dibuat melalui program kerja sama 30 insinyur yang bekerja di ENTOP dan Afghanistan Technical Vocational Institute (ATVI).

Mohmammad Riza Ahmadi CEO ENTOP mengatakan kepada TOLO bahwa dia berharap Mada 9 bisa menginspirasi masyarakat Afghanistan untuk terus berinovasi dan berkreasi. Selain itu dia ingin kehadiran Mada 9 juga bisa menghapus stigma negatif yang diberikan ke Afghanistan selama ini. Terutama ketika Taliban kembali berkuasa.

“Petualangan ini akan dimulai di Afghanistan dan nanti bisa saja go international,” kata Mohammad Riza Ahmadi. Kreasi ENTOP dan ATVI itu langsung mendapat apresiasi dari beberapa petinggi Taliban.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengunggah foto Mada 9 di sosial media miliknya. Dia mengatakan Mada 9 merupakan kebanggaan Afghanistan.

“Saya ingin mengucapkan Departemen Pendidikan Vokasi, dimana di bawah mereka negara ini bisa memberikan sebuah layanan yang berharga,” tulis Zabihullah Mujahid melalui akun Twitter miliknya.

Menurut Daily Mail, yang media ketahui hanyalah penampilan mobil karena tidak ada detail teknis spesifik yang dibagikan teknisi. Satu petunjuk yang dimiliki diberikan oleh tim perancang yang mengatakan, mesin Mada 9 mirip dengan hatchback Toyota Corolla.

Mungkinkah mesin GR Corolla? The Sun melaporkan, meskipun spesifikasi Mada 9 belum dirilis, perbedaan antara mesin supercar rata-rata dan motor Toyota Corolla cukup signifikan.

Toyota Corolla 2023 menawarkan 300 tenaga kuda maksimum. Mobil 296 GTB Ferrari keluaran 2023 menghasilkan 830 tenaga kuda maksimum. Mesin Mada 9 dimodifikasi untuk menangani peningkatan kecepatan yang dikenal dengan supercarPowertrain supercar buatan Taliban tersebut dijadwalkan bertenaga listrik listrik ke depannya. Mada’s 9 akan memulai perjalanannya di Afghanistan sebelum berekspansi ke pasar lain.

Kepala ATVI Ghulam Haidar Shahama mengatakan, mesin Corolla telah dimodifikasi sehingga ‘jika Anda meningkatkan kecepatan, itu cukup kuat untuk mengambilnya’. Tetapi, ENTOP mengeklaim, berniat untuk memasang powertrain listrik di Mada 9 pada kemudian hari, dikutip di Jakarta, Jumat (13/1/2023).

Banyak yang mengira proyek itu sudah ada sebelum pemerintahan Taliban. Tetapi, kenyataannya, kendaraan itu diresmikan oleh Juru Bicara Partai Zabihullah Mujahid, yang membagikan gambar di media sosial dengan mengatakan bahwa pembuatan mobil adalah ‘kehormatan’ bagi negara.

Mujahid membuat status di Twitter untuk mengatakan bahwa dia “ingin berterima kasih kepada Departemen Pendidikan Kejuruan, di bawah payung mereka, negara telah diberikan layanan yang berharga.”(dbs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *