Ini 6 Ikan yang Baik untuk Dikonsumsi Bagi Penderita Diabetes

Ikan yang Baik Bagi Penderita Diabetes
Ikan Kembung
banner 400x400

4. Tilapia

Ikan tilapia ini mengandung tinggi selenium, mineral yang dinilai ampuh menurunkan gula darah. Oleh karena itu, ikan ini juga ideal dikonsumsi untuk mengurangi kolesterol.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

5. Sarden

Ikan sarden dapat memperlambat penyerapan glukosa dalam aliran darah karena mengandung omega-3. Selain memecah peradangan ikan ini juga mampu menurunkan risiko penyakit jantung pada diabetesi. Meski begitu, sebaiknya hindari mengonsumsi ikan ini dalam bentuk instan karena umumnya mengandung tinggi garam.

6. Herring

Konsentrasi EPA dan DHA yang tinggi dalam ikan herring berkhasiat untuk kesehatan otak dan jantung. Kandungan vitamin D di dalamnya berperan sebagai antioksidan untuk menstabilkan kadar gula darah.

Tips Makan Ikan yang Aman untuk Diabetesi Agar tetap sehat, berikut ini beberapa tips makan ikan yang tepat untuk penderita

  1. Tidak mengonsumsi ikan secara berlebihan, setidaknya dua kali dalam seminggu. Mengolah ikan dengan cara di panggang, dikukus, atau direbus.
  2. Hindari menggoreng ikan karena cara tersebut dapat mengurangi nilai gizi pada ikan. Hindari makan ikan mentah karena dapat berisiko keracunan. Nah, itulah penjelasan mengenai jenis dan manfaat ikan untuk penderita diabetes.

Jangan lupa, pilihlah ikan dengan kandungan asam lemak omega-3 dan protein tinggi. Selain itu, pastikan juga untuk rutin mengontrol kadar gula darah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *