Perlu Tahu! Ini 10 Cara Menghadapi Turbulensi Pesawat, Jadi Jangan Takut Berlebihan

Menghadapi Turbulensi Pesawat
Menghadapi Turbulensi Pesawat

6. Mengalihkan pikiran Anda

Jika turbulensi tidak terlalu parah, cobalah fokuskan pikiran Anda pada hal lain seperti membaca buku, meikmati liburan dalam penerbangan, serta teka-teki kata atau Sudoku. Dengan mengusahakan pikiran Anda untuk fokus ke hal lain, turbulensi membuat kemungkinaan besar akan berlalu tanpa disadari.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

7. Memilah tempat duduk aman

Semua tempat duduk di dalam pesawat memang aman, namun Anda perlu memesan kursi terlebih dahulu sehingga Anda duduk di area pesawat yang tidak terlalu memengaruhi saat turbulensi.

Jika turbulensi tejradi, kursi terbaik berada di bagian depan atau sayap pesawat. Dampak turbulensi kurang terasa di bagian depan pesawat karena berada di luar pusat gravitasi pesawat, sementara di bagian sayap pesawat turbulensi kurang terlihat karena sayap membuat pesawat tetap seimbang.

Pesawat terbaik untuk turbulensi, sebenarnya tak ada aturan atau data khusus yang mendukung jika satu model pesawat lebih baik dari yang lain dalam menghadapi turbulensi. Namun secara umum, semakin besar pesawat, semakin baik dalam menyerap turbulensi.

8. Terbang pada saat turbulensi tak terlalu parah

Menurut Laura Einsetler, pagi hari adalah waktu terbaik terbang untuk menhindari turbulensi karena udara biasanya jauh lebih halus karena suhu yang sangat dingin dan begitu padat.

9. Hindari rute penerbangan paling bergejolak

Jika Anda memang perlu mengunjungi tujuan tertentu dengan rute penerbangan yang ternyata biasa terjadi turbulensi, Anda mungkin tidak punya pilihan selain mengambil rute penerbangan tersebut.

Namun, jika Anda ingin pergi jarak jauh dan belum memutuskan tempat yang ingin dikunjungi, ada baiknya Anda memilih destinasi yang mengharuskan Anda mengambil rute pernerbangan yang tidak banyak turbulensi.

10. Konsultasi ke dokter Anda

Jika Anda adalah orang yang sangat khawatir jika mengalami turbulensi, cobalah meminta saran dari dokter Anda yang memungkinkan bisa memberi nasihat dengan beberapa latihan pernapasan dan mental untuk membantu mengatasi kecemasan yang berlebihan.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin bisa diresepkan obat anti-kecemasan dan anti-mual yang akan membantu Anda mengatasi rasa takut akan turbulensi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *