Prabowo Beberkan Rencana Bangun Kekuatan Militer Wilayah Indonesia

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto

Hajinews.id — Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membeberkan rencana membangun kekuatan militer di setiap wilayah Indonesia, seperti Kodam ada di tiap provinsi, tiap kabupaten harus ada satuan kodim dan tiap kecamatan memiliki satu koramil.

“Sebagai Menhan, saya berencana membangun kekuatan, kami merancang Kodam harus diperkuat. Saya sedang usulkan. Kodam itu nanti harus satu provinsi satu Kodam, berarti nanti ada 34 Kodam,” kata Prabowo di Medan, Jumat (27/1).

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Tiap kabupaten harus punya satu Kodim. Satu kecamatan satu Koramil. Tidak bisa satu kodim menguasai dua atau tiga kabupaten. Tiap kodim itu yang akan mengendalikan batalion nanti,” ujarnya.

Hal itu ia sampaikan saat memberikan pengarahan kepada 2.000 orang anggota Babinsa Kodam I Bukit Barisan di Medan, Sumut, Jumat (27/1).

“Saya sampaikan ke DPR, ada kabupaten yang sampai sekarang enggak ada tentaranya. Padahal kabupaten itu kaya, di Kalimantan. Kabupatennya itu kaya kaya, ada nikel ada bauksit, ada begitu banyak kekayaan, tentaranya enggak ada,” tutur Prabowo.

“Bayangkan luas seperti ini, kaya seperti itu, tentaranya enggak ada. Bagaimana bila ada yang mengambil harta kekayaan kita,” ucapnya.

Selain membangun kekuatan di setiap wilayah, Prabowo juga menegaskan akan melengkapi seluruh Babinsa dengan sepeda motor dan alat komunikasi yang baru untuk mendukung tugas operasional.

“Kami akan bekali seluruh Babinsa di Indonesia dengan motor motor yang baru supaya operasionalnya lebih cepat,” ujar Prabowo.

“Saya harap beberapa bulan ini kita sudah akuisisi alat komunikasi. Tiap Babinsa bisa komunikasi, dandim, danramil, pangdam sampai Jakarta. Bahkan Presiden pun bisa ngomong langsung dengan Babinsa nanti,” paparnya.

Dalam acara itu, Prabowo juga menyerahkan secara simbolis 100 unit sepeda motor kepada Babinsa Kodam I Bukit Barisan.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, Wali Kota Medan, Bobby Nasution hingga jajaran Kodam I BB juga turut hadir dalam acara tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *