Detak Jantung Normal Saat Istirahat: 100 Detak per Menit Dianggap Kurang Ideal

Detak Jantung Normal
Detak Jantung Normal
banner 400x400

Apakah pelacak kebugaran atau smart watch akurat untuk detak jantung?

Perangkat pintar seperti jam tangan Apple, Fitbits, dan jam tangan Google Pixel dapat mengingatkan pengguna jika detak jantung terlalu tinggi atau sebaliknya. Penelitian menunjukkan, perangkat pintar cukup akurat.Sebuah studi pada 2019 yang diterbitkan di JMIR mHealth, misalnya, menemukan bahwa Apple Watch 3 akurat sekitar 95 persen, dan Fitbit Charge 2 sekitar 91 persen akurat, jika dibandingkan dengan EKG selama 24 jam. Di luar gym, ada baiknya melakukan aktivitas yang meningkatkan detak jantung sehat seperti menghindari kafein, nikotin, dan alkohol. Hindari terlalu banyak alkohol, yang dapat membuat dehidrasi dan meningkatkan detak jantung.

Pantau detak jantung secara berkala. Jika tidak memiliki pelacak aktivitas yang dapat dikenakan, Anda dapat melakukannya sendiri.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

The American Heart Association merekomendasikan agar meletakkan ujung dua jari pertama pada denyut nadi di bagian dalam pergelangan tangan, di sisi ibu jari. Hitung denyut nadi selama 30 detik dan dikali dua untuk menemukan bpm Anda.