Kisah Lucu Abu Nawas: Para Pejabat Istana yang Belum Pernah Lihat Gajah

Pejabat Istana yang Belum Pernah Lihat Gajah
Pejabat Istana yang Belum Pernah Lihat Gajah
banner 400x400

Baginda Raja lalu memandang Abu Nawas. “Boleh mereka melihat gajah itu Baginda?” tanya Abu Nawas.

Baginda Raja mengangguk setuju. Para pejabat itu bersama Abu Nawas berjalan menuju kandang gajah dipandu seorang petugas. Gajah tersebut berada di dalam kandang tidak jauh dari istana.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Begitu mereka tiba di kandang gajah, Abu Nawas memadamkan lampu sehingga menjadi gelap gulita. Mereka tidak bisa melihat apa pun. Seorang pejabat menyentuh belalainya, sehingga ia mengira bahwa makhluk ini pasti seperti sebatang pipa.

Pejabat kedua menyentuh telinganya dan menyimpulkan bahwa ia adalah kipas. Selanjutnya pejabat ketiga memegang kakinya sehingga ia berkesimpulan bahwa gajah itu adalah binatang seperti pilar. Akhirnya pejabat keempat menyentuh punggungnya sehingga ia yakin gajah adalah semacam singgasana.

Selanjutnya Abu Nawas mengajak para pejabat itu kembali menghadap Baginda Raja. “Coba jelaskan seperti apa gajah itu kepada Baginda,” pinta Abu Nawas.

Tidak seorang pun bisa menggambarkan gajah dengan sempurna. Lantaran hanya menyentuh sebagian makhluk itu, maka setiap orang hanya mengacu pada apa yang telah diketahuinya.

“Begitulah, Baginda Raja” ujar Abu Nawas tersenyum.

“Mereka tidak mengenal gajah dengan benar karena mereka dalam kegelapan dan terburu-buru mengambil kesimpulan.”

Baginda Raja mengangguk-angguk. “Ternyata memang butuh waktu dan pikiran yang bening, tanpa sikap iri, untuk mengenal dirimu,” ujar Baginda puas.

Acara ngopi sore pun berakhir dengan kepuasan di wajah Baginda Raja. “Abu Nawas benar-benar pintar,” ucap Baginda penuh kekaguman, dan Abu Nawas meninggalkan istana.

Wallahu a’lam bishawab.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *