Hikmah Malam: Menggendong Anak dalam Shalat

Menggendong anak di dalam shalat sebenarnya dibolehkan. Walaupun ketika menggendong anak di dalam shalat ini akan menjadikan kita melakukan hal-hal yang sebenarnya kita tinggalkan ketika tidak melakukan hal ini. Seperti mengangkat anak kecil, kemudian menaruhnya. Ketika mengangkat, kita tidak meletakkan tangan di tempat asalnya. Meskipun demikian, hal ini tetap dibolehkan. Dalilnya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Qatadah Radhiyallahu ‘Anhu, beliau mengatakan:

أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يصلي وهو حامل أمامة بنت زينب بنت رسول الله صلى الله عليه وسلم فإذا سد وضعها وإذا قام حلمها

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah shalat dalam keadaan beliau menggendong Umamah binti Zainab binti Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Ketika beliau sujud, beliau meletakkan Umamah, dan ketika beliau berdiri maka beliau menggendong kembali Umamah.” (HR Bukhari dan Muslim)

Ketika itu Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam membawa cucu beliau ini dalam keadaan berdiri dan rukuk, beliau hanya meletakkan cucunya ketika sujud saja. Ketika rukuk bisa kita bayangkan jelas tangan akan membawa bayi itu, sehingga akhirnya tangan tidak diletakkan di atas lutut.

Makanya bagi para ibu yang melihat atau merasakan anaknya mau nangis, dan kalau menangis nanti akan mengganggu shalatnya, maka gendong anak itu. Ini tidak ada masalah karena ada contohnya dari Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Inilah kemudahan yang diberikan oleh syariat Islam. Jangan sampai kita mengharamkan sesuatu yang dibolehkan oleh syariat. Ini termasuk dari salah satu bukti dari firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

…وَمَا جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِي الدِّينِ مِنْ حَرَجٍ…

“Allah tidak menjadikan kesulitan pada agama ini (agama Islam).” (QS. Al-Hajj[22]: 78)

rodja.id/3p8

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *