Kisah Abu Nawas: Raja Kegirangan Diberi Nasihat Abu Nawas, Apa Sih Isinya?

Raja Kegirangan Diberi Nasihat Abu Nawas
Raja Kegirangan Diberi Nasihat Abu Nawas
banner 400x400

“Benarkah Abu Nawas?” tanya Baginda Raja kegirangan.

Raut wajah Baginda Raja yang tadinya sedih, mendadak langsung berubah menjadi ceria. “Cepat katakan kepadaku wahai Abu Nawas. Jangan biarkan aku menunggu,” minta Baginda Raja tidak sabar.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Abu Nawas lalu menjelaskan, “Nanti kalau Paduka bertemu lagi dengan Raja Yahudi itu katakan saja kepadanya: ‘Hanya di dalam agama Islam-lah yang tidak menyekutukan Tuhan karena Islam tidak berkeyakinan Tuhan itu punya anak. Sedangkan agama Yahudi menganggap Uzair adalah anak Tuhan. Begitu juga dengan Nasrani yang menganggap Isa adalah anak Tuhan.”

“Wajar bila orang Islam membalas salam kepada orang yang bukan Islam dengan kalimat ‘Wasalamualaikum’ yang artinya ‘Celakalah bagi kalian.’ Kalimat itu bukan berarti mendoakan orang untuk celaka, melainkan semata-mata karena ketulusan dan kejujuran Islam yang masih bersedia memperingatkan orang lain atas kecelakaan yang akan menimpanya bila mereka tetap berpegang teguh pada keyakinan yang keliru.”

Mendengar solusi yang diberikan Abu Nawas, kegundahan Baginda Raja langsung sirna seketika. Kali ini saking gembiranya, Baginda Raja menawarkan agar Abu Nawas memilih sendiri hadiah apa yang disukai.

Tapi, Abu Nawas tidak memilih apa-apa karena baginya tidak selayaknya menerima upah dari ilmu agama yang disampaikan. Wallahu a’lam bisshawab.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *