Kultum 39: Asbabun Nuzul Surat Al-Ikhlash

Asbabun Nuzul Surat Al-Ikhlash
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 400x400

Pembaca yang dirahmati Allah,

Di samping beberapa riwayat yang berhubungan dengan Asababun Nuzulnya, surat al-Ikhlash mempunyai berbagai keutamaan. Dari sekian banyak keutamaan surat Al-Ikhlash, salah satu yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari adalah sebagai berikut. Bukhari meriwayatkan dari ‘Amrah binti ‘Abdirrahman yang pernah diasuh oleh ‘Aisyah Rodhiyallahu anha (isteri Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam), bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam mengutus seorang sahabat untuk memimpin pasukan dalam suatu peperangan. Sahabat yang terutus itu menjadi juga imam para sahabat lainnya di dalam shalat. Anehnya, dia selalu menutup bacaan sholatnya dengan surat Al-Ikhlash.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Sekembalinya mereka dari tugas itu, mereka menceritakan hal itu kepada Nabi hallallahu ‘alaihi wasallam. Lantas Nabi bersabda, “Tanyakan kepadanya, untuk apa ia melakukan hal tersebut”. Para sahabat pun bertanya kepadanya, dan dia menjawab, “Karena surat tersebut adalah sifat Dzat Yang Maha Pengasih, dan aku suka membacanya”. Lantas Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, أَخْبِرُوْهُ أَنَّ اللهَ تَعَالَىٰ يُحِبُّهُ “Kabarkanlah kepadanya bahwa Allah Ta’ala mencintainya”. Riwayat ini juga diriwayatkan oleh Muslim dan an-Nasa’i.

Semoga kita sedikit yang kita baca ini bermanfaat bagi kita semua, dan kalau sekiranya bisa memberi manfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad idris Adh                             

—ooOoo—

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *