Prof Quraish Shihab: Ini Amalan Dahsyat di Bulan Ramadan Tentang Dzikir

Amalan Dahsyat di Bulan Ramadan
Quraish Shihab

“Saya pernah katakan dan saya ditulis dalam buku tentang zikir bahwa saya tidak tahu. Saya tidak ingin mempersalahkan, hanya berkata saya tidak tahu, tidak pernah saya menemukan dalam kitab-kitab hadits yang saya pernah baca, atau diajarkan, bahwa Rasul itu berzikir dalam satu tempat lebih dari 100 kali,” jelas Prof Quraish Shihab.

“Kita habis sholat kan, (biasanya) SubhanAllah 33, tidak pernah saya tahu. Itu saya pernah melakukan penelitian di 8 kitab hadist tetapi tidak mungkin Rasulullah tidak berdzikir dengan dzikir yang banyak,” tambah Prof Quraish Shihab.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Dzikir dapat dengan berbagai cara

Dalam penjelasan Prof Quraish Shihab disebutkan bahwa dzikir bisa dilakukan dengan menyebut nama Allah, seperti Ya Allah, Ya Rahman, Ya Rahim, dan sebaginya. Namun bisa juga dengan mengagumi perbuatan-perbuatan Allah.

Misalnya memuji ciptaan Allah dengan tujuan mengagumi penciptanya. Selain itu, seseorang juga bisa berdzikir dengan cara mengingat hari-hari Tuhan. Misalnya, hari yang membahagiakan atau hari-hari yang menggetarkan hati.

“Anda sehat, Allhamdulillah, mengenang tokoh-tokoh yang baik atau buruk itu dzikrullah selama Anda kaitkan dengan Allah. Jadi banyak sekali, menyebut Rasul, menceritakan tentang Rasul itu dzikrullah. Membaca menyangkut itu, itu dzikrullah,” ungkap Prof Quraish Shihab.

“Jadi saya tidak ingin berkata ketika Al Qur’an menganjurkan untuk berdzikir, itu (disimpulkan) hanya mengaji, memang itu termasuk dzikir, iya to? (Tapi) segala sesuatu yang terbentang di alam raya ini itu dapat dijadikan jangkar untuk Anda berzikir,” tambah Prof Quraish Shihab.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *