Bukan Salat dan Puasa, Ini Amalan Paling Disukai Allah dari Nabi Musa

Amalan Paling Disukai Allah dari Nabi Musa
Amalan Paling Disukai Allah dari Nabi Musa

Nabi Musa menyampaikan kepada sepasang suami istri itu bahwa Allah telah mengabulkan permohonan mereka, dengan syarat kekayaan itu hanya berlangsung satu tahun.

Mendengar kabar itu, mereka sangat bahagia. Beberapa hari kemudian datanglah rezeki melimpah dari jalan tidak diduga. Sepasang suami istri itu akhirnya menjadi orang kaya. Melihat keadaannya sekarang, mereka memutuskan untuk menggunakan hartanya membantu orang-orang yang membutuhkan, hingga membangun tempat singgah para musafir.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Setahun berlalu mereka terus sibuk bersedekah, membantu para musafir dan memuliakan tamu yang berdatangan. Namun kehidupan mereka pun tetap kaya. Nabi Musa terheran, lalu bertanya kepada Allah seraya berkata: “Wahai Rabb, Engkau telah menetapkan syarat kepada mereka hanya satu tahun. Sekarang, sudah lewat satu tahun tetapi mereka tetap hidup kaya?”

Allah berfirman: “Wahai Musa, Aku telah membuka satu pintu rezeki kepada mereka, tetapi mereka membuka beberapa pintu rezeki untuk hamba-hamba Ku. Wahai Musa, maka Aku titipkan lebih lama kekayaan itu pada mereka.”

Kemudian Nabi Musa menjawab: “Maha Suci Engkau Ya Allah, betapa Maha Mulia urusan-Mu dan Maha Tinggi kedudukan-Mu.”

Inilah hikmah dan keutamaan orang yang berjihad dengan harta dan membantu kesulitan orang lain. Allah berfirman dalam Al-Qur’an :

قُلۡ اِنَّ رَبِّىۡ يَبۡسُطُ الرِّزۡقَ لِمَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ وَيَقۡدِرُ لَهٗ ؕ وَمَاۤ اَنۡفَقۡتُمۡ مِّنۡ شَىۡءٍ فَهُوَ يُخۡلِفُهٗ ۚ وَهُوَ خَيۡرُ الرّٰزِقِيۡنَ

Artinya: “Katakanlah, “Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya.” Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik.” (QS. Saba Ayat 39)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *