Hikmah Malam: Dahsyatnya Pahala Shaum Ramadhan

Salah satu kenikmatan para penduduk surga yg telah Allah berikan adalah bahwa mereka di dalam surga tidak pernah buang air kecil maupun besar, bahkan semua kotoran akan menjadi sendawa dan keringat yg sangat wangi.

Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Bacaan Lainnya
banner 400x400

إِنَّ أَهْلَ الْجَنَّةِ يَأْكُلُونَ فِيهَا وَيَشْرَبُونَ، وَلَا يَتْفُلُونَ وَلَا يَبُولُونَ وَلَا يَتَغَوَّطُونَ وَلَا يَمْتَخِطُونَ

“Sesungguhnya penduduk surga, mereka makan dan minum di dalam surga, namun mereka tidak meludah, tidak kencing, tidak buang air besar, dan tidak mengeluarkan dahak.”

Para sahabat bertanya: ‘Lalau bagaimana nasib makanan di perut mereka?’

Jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

جُشَاءٌ وَرَشْحٌ كَرَشْحِ الْمِسْكِ، يُلْهَمُونَ التَّسْبِيحَ وَالتَّحْمِيدَ، كَمَا تُلْهَمُونَ النَّفَسَ

“Menjadi sendawa, dan keringat yang berbau misk. Mereka diilhami selalu bertasbih dan bertahmid, sebagaimana kalian selalu bernafas.” (HR. Muslim 2835).

Sungguh begitu nikmatnya menjadi penduduk surga, mereka memperoleh berbagai kenikmatan dan kebahagiaan yg sempurna dan abadi.

Dan tentunya hal ini sangat berbeda jauh dengan kenikmatan dunia yg mana serba terbatas dan sementara.

Salah satu contohnya adalah, Lihat bagaimana keadaan kita sekarang ini ketika berpuasa, 14 jam kita menahan lapar, namun hanya 5 menit seketika kenyang saat berbuka. Inilah bukti nyata bahwa kenikmatan dunia itu sesungguhnya begitu singkat.

Maka alangkah ruginya orang yg rela meninggalkan puasa tanpa uzur hanya demi kenikmatan dan kesenangan dunia yg sesaat, berarti ia telah mengabaikan balasan kenikmatan surga yg lebih baik dan abadi, dan ia telah menggantinya dengan penderitaan dan azab neraka yg begitu berat. Wal-‘Iyadzubillah.

Semoga hal ini dapat menyadarkan kita, agar kita hidup di dunia tidak menjadi orang yg lalai, sombong, pelit, tamak dan rela mengambil hak orang lain hanya demi sesuatu yg sementara dan singkat ini.

***

✍ Habibie Quote, 25/02/19
Ig – www.instagram.com/habibiequotes_
Tg – https://t.me/habibiequotes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *